2020, Sumut Bersiap Hadapi Bonus Demografi

Share this:
BMG
Dekan FE USI Elidawaty Purba foto bersama dengan Kabid Pengendalian Kependudukan BKKBN Sumut Anthony, usai penandatanganan MoU Sosialisasi Pendampingan Tematik Kependudukan dan Penerapan Materi Kuliah Wajib Umum (MKDU) di Kampus Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Simalungun, Selasa (18/12/18).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Indonesia, terlebih lagi Sumatera Utara (Sumut) bersiap menghadapi bonus demografi pada tahun 2020-2030. Bonus demografi haruslah menjadi berkah bagi Indonesia, dimana penduduk usia produktif lebih banyak jumlahnya dan akan membantu pertumbuhan ekonomi negara.

“Kependudukan merupakan modal utama pembangunan di suatu negara. Tetapi, apabila pemerintah tidak mengelola dengan baik malah menjadi beban dalam pembangunan,” kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (FE-USI) Darwin Damanik SE MSE, saat menjadi narasumber pada Sosialisasi Pendampingan Tematik Kependudukan dan Penerapan Materi Kuliah Wajib Umum (MKDU), bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, Selasa (18/12/2018).

Darwin memaparkan, Kota Pematangsiantar setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah penduduk dan permasalahan dalam pengendalian kependudukan haruslah segera diperhatikan. Dia menyarankan segera membuat grand design kependudukan agar bisa membantu dalam perencanaan pembangunan di Pematangsiantar.

BacaUsai Dilantik jadi Rektor, Dr Corry Berharap USI Mampu Lakukan Ini

BacaIni Pesan Dr Corry Usai Dilantik jadi Rektor USI

Menanggapinya, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kependudukan pada BKKBN Sumut Anthony mengatakan, itulah pentingnya perguruan tinggi sebagai mitra pemerintah untuk menunjang program yang efektif dan terintegrasi. Menurutnya, bonus demografi akan menjadi berkah akan terwujud bila perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Simalungun sebagai representasi BKKBN terjun ke tengah masyarakat membantu mensosialisasikan pentingnya Keluarga Berencana (KB).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Zulkifi Simatupang, sebagai pemateri dari BKKBN Provinsi, Anthony Kabid Pengelolaan Penduduk Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara.

Baca442 Mahasiswa USI Diwisuda: Amalkan Imu Bertanggungjawab dan Berkualitas

BacaSelamat! Corry Purba Terpilih Sebagai Rektor USI

Dari Universitas Simalungun yang hadir Dekan FE USI Elidawaty Purba SE MSi dan Dosen FE USI Liharman Saragih SE MM, Pandapotan Simatupang SE MSI, Taufik Parinduri SE MSi, Elfina Damanik SE MSI, Pariaman Purba SE MM, dan beberapa dosen Fakultas Hukum Humala Sitinjak SH MH (Dekan FH USI), Parlin Dony Sipayung SH MH, Rajaingat Saragih SH MH, Sarles Gultom SH MH, Siska Malau SH MH, Desi Sitepu SH MH.

Acara dimoderatori Januarison Saragih SH MH. Sampai acara penandatanganan MoU antara BKKBN Provinsi Sumatera Utara, dengan FE Universitas Simalungun.

Share this: