Tahun Ini, 66 Siswa SMA Negeri 1 Bandar Lulus SNMPTN

Share this:
AMRY PASARIBU-BMG
Kepala SMAN 1 Bandar Mariani Samosir di meja kerjanya, Selasa (2/4/2019).

BANDAR, BENTENGSIANTAR.com– Tahun ini, sebanyak 66 siswa SMA Negeri 1 Bandar, Kabupaten Simalungun, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negara (SNMPTN). Jumlah ini mengalami kenaikan, dari tahun sebelumnya 2018 sebanyak 29 orang dan tahun 2017 sebanyak 47 orang.

Kepala SMA Negeri 1 Bandar Mariani Samosir menuturkan, pencapaian ini bukanlah diraih dengan mudah. Seluruh tenaga pengajar harus ekstra melakukan bimbingan. Juga para pelajar yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN).

Mariani mengungkapkan, untuk mendongkrak jumlah siswa lulus SNMPTN, pihaknya sudah menerapkan bimbingan belajar (bimbel) mulai dari semester I hingga semester V. Langkah itu dilakukan agar para siswa SMA Negeri 1 Bandar mampu bersaing dengan para pelajar dari seluruh Indonesia.

Masih kata Mariani, pihaknya sejak awal sudah mengarahkan para siswa untuk menentukan target universitas yang dituju. Kemudian selalu meng-update passing grade setiap universitas negeri.

“Jadi, itu antara lain tolok ukur kita agar para siswa mampu lulus SNMPTN,” ujar Mariani, guru perempuan yang dipercaya mengemban amanah sebagai Kepala SMA Negeri 1 Bandar sejak tahun 2016 ini, saat ditemui BENTENG SIANTAR, di kantornya, Jalan Kuala Tanjung, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Selasa (2/4/2019) siang.

Baca442 Mahasiswa USI Diwisuda: Amalkan Imu Bertanggungjawab dan Berkualitas

BacaKeluarga Besar Purba, Boru dan Panogolan di Pematang Bandar Dukung MP

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan para orangtua siswa lewat komite sekolah untuk melakukan pembimbingan peningkatan pendidikan murid. Ia menyontohkan, semisal salah satu siswa ada yang nilainya turun, maka dilakukan koordinasi dengan guru dan juga orangtua dengan tujuan agar siswa terus memperbaiki nilainya.

Pada kesempatan itu, ia berharap, para siswa-siswi yang lulus di SNMPTN nantinya mampu menjadi contoh yang baik dan terus mempertahankan prestasinya sebagai generasi penerus bangsa.

BacaDari Siantar, Latihan Membatik Bersama Sumiharjo Pakpahan Lanjut ke Tanah Jawa

BacaKeren! 9 Siswa SMAN 1 Raya Diterima di STAN

Atas pencapaian ini, Sekretaris Komite Sekolah SMA Negeri 1 Bandar Esau Pardede menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh tenaga pendidik dan khususnya kepada siswa-siswi yang berprestasi. Mewakili orangtua siswa, ia mengaku bangga karena SMA Negeri 1 Bandar mampu memberikan pendidikan yang terbaik dan hasilnya 66 siswa lulus SNMPTN.

“Ini prestasi luar biasa, dimana SMA Negeri 1 Bandar menjadi sekolah yang siswanya terbanyak lulus di SNMPTN se-kabupaten Simalungun dan se-kota Pematangsiantar,” ucap Esau bangga.

Sekadar diketahui, dari 66 siswa SMA Negeri 1 Bandar lulus SNMPTN, sebanyak 57 siswa mengambil jurusan Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Astronomi, dan 9 orang siswa mengambil Ilmu Keagamaan.

Share this: