Dari Siantar, Latihan Membatik Bersama Sumiharjo Pakpahan Lanjut ke Tanah Jawa

Share this:
BMG
Anak-anak di Ujung Mulia, Kelurahan Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, sangat antusias mengikuti pelatihan membatik yang digelar Mayjen Purn Sumiharjo Pakpahan, Minggu (31/3/2019).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Mayjen Purn Sumiharjo Pakpahan melanjutkan pelatihan membatik ke Ujung Mulia, Kelurahan Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Minggu (31/3/2019). Sebelumnya, Sabtu (30/3/2019) lalu, Sumiharjo telah menggelar pelatihan membatik di tanah kelahirannya, Kota Siantar. Sedangkan Ujung Mulia adalah tempat kelahiran ayahnya.

Berbeda dengan di Siantar yang peserta pelatihan membatik didominasi kaum ibu, di Ujung Mulia diikuti oleh anak-anak, mulai dari kelas 3 SD sampai dengan pelajar SMA.

Pelatihan membatik dengan mendatangkan para ahlinya dari Kota Batik Pekalongan itu diharapkan mampu meningkatkan geliat ekonomi kreatif di Siantar dan Simalungun, terkhusus Tanah Jawa.

Salah seorang anak di Ujung Mulia, Kelurahan Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, memamerkan hasil membatik buatannya.

Lima pelatih yang didatangkan Sumiharjo, Gus Ahmad Salahuddin, Novianto, Hj Untung Suudi sebagai pelukis, pemotif, dan pembatik dalam dan luar negeri, Kyai Hasan Bisri sebagai pemotif dan pembatik, serta Taufik Canting sebagai dosen membatik dan pelukis.

“Saya tidak ingin ini hanya sekadar event saja, harus ada hasilnya. Harus ada anak-anak dari desa ini yang mahir membatik,” kata Sumiharjo.

Dukungan penuh diberikan Sumiharjo dalam kegiatan ini. Tak hanya pelatihan, Sumiharjo juga menyediakan bahan-bahan membatik hingga pemasaran produknya ke depan.

Share this:
http://www.lioit.com