Anda Ingin Oleh-Oleh Khas Simalungun, Datanglah ke Pamatang Sidamanik!

Share this:
BMG
Bupati Simalungun JR Saragih saat berbincang dengan Ketua Asosiasi UMKM Sumut Ujiana Sianturi, di sela-sela peresmian Rumah Oleh-oleh di Pamatang Sidamanik, Senin (13/7/2020). 

PAMATANG SIDAMANIK, BENTENGSIANTAR.com– Berkunjung ke Simalungun, rasanya tak lengkap jika tidak singgah ke Kebun Teh Sidamanik. Selain menikmati panora indah hamparan kebun teh, Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Simalungun, seperti kopi siap saji dengan berbagai cita rasa, ada kripik, kerupuk, tepung, kain tenun, teh dari benalu kopi, dan sebagainya.

Pengananan khas Simalungun itu dapat anda temukan di Rumah Oleh-Oleh Khas Simalungun di Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Bupati Simalungun JR Saragih sangat mengapresiasi home industry yang digagas oleh Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Simalungun tersebut. JR mengatakan, inisiasi UMKM Simalungun tersebut akan turut membantu dalam menggairahkan kembali perekonomian masyarakat.

“Dalam suasana Covid-19 ini, kita mengetahui adanya kendala bagi masyarakat terutama penggiat industri rumah tangga dalam memasarkan produksinya. Banyak stok tapi sulit memasarkan,” kata JR Saragih, ketika meresmikan Rumah Oleh-oleh di Kecamatan Pamatang Sidamanik, Senin (13/7/2020).

JR mengatakan, Pemkab Simalungun sangat mendukung gagasan yang telah dilakukan Asosiasi UMKM Kabupaten Simalungun dalam menghidupkan kembali home industry masyarakat di masa pandemi covid-19 saat ini.

Dengan adanya gagasan asosiasi UMKM ini, JR berharap kegiatan industri rumah tangga dapat tumbuh kembali sesuai intruksi presiden, dan Pemkab Simalungun sangat mendukung program asosiasi UMKM ini demi menggerakkan kembali perekonomian masyarakat.

Menurut JR, Rumah Oleh-oleh Khas Simalungun ini juga diharapkan sebagai salah satu pendukung program ketahanan pangan, baik bagi daerah Kabupaten Simalungun maupun Provinsi Sumatera Utara.

BacaDukungan Para Pelaku Pariwisata Parapat Untuk New Normal di Simalungun

Dalam kesempatan itu, Ketua Asosiasi UMKM Sumatera Utara Ujiana Sianturi juga menyampaikan dukungannya kepada asosiasi UMKM Simalungun yang telah menggagasi adanya rumah oleh-oleh di daerah ini. Dia juga mengungkapkan bahwa Asosiasi UMKM Kabupaten Simalungun telah bergabung dengan Asosiasi UMKM Sumatera Utara.

“Hingga saat ini telah ada sekitar 300 UMKM di Sumatera Utara yang telah bergabung, dan nantinya semua produk industri rumah tangga akan kita tampilkan,” tuturnya.

BacaPolitisi PDIP Ini Siap Dampingi Pelaku UMKM Dapatkan Bantuan Modal Usaha

Ujiana berharap, dengan hadirnya Rumah Oleh-oleh di Simalungun dapat diberdayakan oleh pemerintah daerah, sehingga UMKM di daerah ini dapat maju dan berkembang.

“Ayo! UMKM Simalungun agar lebih semangat lagi dalam melakukan kegiatannya, sehingga perekonomian dapat bangkit kembali,” ajak Ujiana.

Share this: