Mangapul Purba, dari Bertani Jadi Politisi, Ini Perjalanan Karirnya

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Mangapul Purba SE saat berbaur dengan masyarakat Sibuntuon dalam Acara Syukuran Pesta Bona Taon ke-IV Huta Sibuntuon Sekitarnya Tahun 2019 yang digelar di lost Pekan Sibuntuon, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun, Rabu (2/1/2019).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Dibesarkan dari keluarga petani di Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, nama Mangapul Purba kini cukup dikenal di kalangan politisi di Sumatera Utara. Saat ini, Mangapul Purba melakoni sejumlah peran di partai politik (parpol), tempatnya bernaung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Diawali tahun 1998, Mangapul mengawali karir politik menjadi Satuan Tugas (Satgas) PDIP. Tahun 2000 menjadi pengurus Ranting PDIP Kelurahan Saribudolok. Kemudian, tahun 2002 menjadi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Kecamatan Silimakuta. Tahun 2004 menjadi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Simalungun.

Masih di tahun 2004, Mangapul mengikuti pemilihan legislatif (pileg) dari PDIP dan dipercayakan rakyat menjadi Anggota DPRD Simalungun. Mangapul pun menjabat sebagai Ketua Komisi II dan di tahun 2006 menjabat sebagai Ketua Komisi IV. Lima tahun berlalu, di pileg 2009, Mangapul kembali maju dari PDIP dan lagi-lagi dipercayakan rakyat menjadi Anggota DPRD Simalungun.

Di tahun 2009 hingga 2011, Mangapul menjabat Ketua Komisi III. Dan di tahun 2011 hingga habis masa periode di tahun 2014, Mangapul menjabat Ketua Komisi I. Selanjutnya, di tahun 2015, PDIP mempercayakan Mangapul untuk mengemban jabatan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera Utara (Sumut).

BacaSatu Pantun Andalan Mangapul Purba Tiap Kali Tatap Muka, Suasana pun Mencair

BacaKata Djarot Soal Sosok Mangapul Purba: Orangnya Sangar, Tapi Hatinya Baik

Tahun 2016, Mangapul menjadi Ketua Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDI Perjuangan Sumut. Tahun 2017 menjadi Ketua Pemenangan Djarot-Sihar dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Dan di tahun 2018, Mangapul menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf serta Koordinator Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Sumut.

“Apa yang kita raih tak lepas dari kerja keras yang kita lakukan selama ini,” kata Mangapul kepada BENTENG SIANTAR, Sabtu (6/4/2019).

Selalu Meluangkan Waktu Bertani

Pria berbadan tegap ini kini bertarung dalam perebutan kursi di DPRD Sumut. Calon nomor urut 1 ini berjuang di daerah pemilihan Sumut 10, meliputi Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Share this: