Ini Prediksi 30 Anggota DPRD Siantar, Didominasi Wajah Baru

Share this:
BMG
Jafar Sidik Saragih, Komisioner KPU Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar sudah merampungkan rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hasilnya, perolehan suara partai politik, calon legislatif serta calon presiden dan wakil presiden untuk tingkat Kota Siantar sudah diketahui.

Dari rekapitulasi perhitungan suara diketahui bahwa dari 30 Anggota DPRD Siantar, 10 orang diantaranya masih wajah lama, yakni Timbul Marganda Lingga (PDIP), Denny TH Siahaan (sebelumnya Golkar), dan Hendra Pardede (Golkar).

Lalu, Frans Herbet Siahaan (NasDem), Ronald Darwin Tampubolon (sebelumnya Demokrat), Mangatas Silalahi (Golkar), Frangky Boi Saragih (NasDem), Tongam Pangaribuan (NasDem), Hj Rini Silalahi (Golkar), dan Nurlela Sikumbang (PAN). Selebihnya, diisi wajah baru.

Hanya saja, hasil rekapitulasi perhitungan suara itu belum bersifat final. Sebab, masih menunggu proses lebih lanjut, sesuai tahapan Pemilu 2019 yang telah ditetapkan sebelumnya. Sesuai data diterima dari KPU Siantar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul, dengan meraih 35.064 suara.

Menyusul Partai Golkar dengan perolehan 20.876 suara, Partai Hanura meraih 15.703 suara, dan Partai NasDem meraih 15.687 suara.

Sesuai data perolehan suara partai itu, PDIP diprediksi memperoleh 8 kursi. Dengan perincian 4 kursi di daerah pemiihan (dapil) 3 dan masing-masing 2 kursi di dapil 1 serta dapil 2.

Kemudian, Partai Golkar diperkirakan memeroleh 5 kursi. Diantaranya, 1 kursi di dapil 1, serta masing-masing 2 kursi dari dapil 2 dan dapil 3.

Selanjutnya, antara Partai Hanura dengan Partai NasDem sama-sama meraih 4 kursi. Kedua partai itu, sama-sama memperoleh satu kursi di dapil 2 dan dapil 3, serta sama-sama mendapat 2 kursi di dapil 1.

Selanjutnya, dari data perolehan suara itu, kader PDIP sangat berpotensi menempati posisi Ketua DPRD Siantar. Kemudian, kader Partai Golkar menjadi Wakil Ketua bersama kader dari Partai Hanura.

BacaNasDem Optimis Peroleh Empat Kursi di DPRD Siantar, Siapa Saja?

BacaPerolehan Kursi PDIP Sumut: 150 Kabupaten dan Kota, 18 Provinsi, 7 Pusat

Komisioner KPU Siantar Jafar Sidik Saragih menjelaskan, pihaknya akan mengikuti rekapitulasi perhitungan suara tingkat Sumatera Utara (Sumut) melalui rapat pleno KPU Sumut. Sesuai jadwal, direncanakan, Rabu (8/5/2019), giliran Kota Siantar yang akan melakukan rekapitulasi perhitungan suara tingkat Sumut di rapat pleno KPU Sumut.

“Besok, kami masuk pleno provinsi,” kata Jafar, kepada BENTENG SIANTAR, Selasa (7/5/2019).

Share this:
http://www.lioit.com