Mulia Rinda Purba, Sukses di Jakarta, Pulang ke Siantar Ingin jadi Parhobas

Share this:
BMG
Mulia Rinda Purba bersama istri Boru Hutajulu.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Mulia Rinda Purba, putra asli Siantar yang sukses di perantauan ibukota Jakarta. Sekarang, pengusaha properti ini ingin mengabdi menjadi parhobas (pelayan) bagi masyarakat Kota Pematangsiantar.

“Saya sudah pamit dengan istri dan keluarga, ingin pulang kampung ke tanah kelahiran, mengabdi menjadi parhobas bagi masyarakat Kota Pematangsiantar,” ujar Mulia Rinda Purba, saat menggelar tatap muka dengan sejumlah tokoh masyarakat Siantar, Rabu (3/7/2019) malam.

Ia mengisahkan, sejak ia meninggalkan Kota Pematangsiantar pada tahun 1983, sama sekali tidak ada pembangunan yang signifikan di tanah kelahirannya. Tapi kemudian alumni SMA Negeri 3 Siantar ini paham mengapa pembangunan di Kota Pematangsiantar ini stagnan, hal itu antara lain dilihat dari perolehan pendapatan asli daerah (PAD) yang sangat rendah.

“PAD hanya berkisar Rp200 miliar. Dengan dana segitu, ya wajar Siantar begini-begini saja. Lihatlah, untuk merehab kantor walikota saja, misalnya, tak mampu,” kata pria berkaca mata yang pernah mengecap pendidikan di SMP Negeri 7 Kota Pematangsiantar ini.

BacaHefriansyah Plin Plan? Selow, Ada Mulia, Liberty, Alpeda, Novri dan JP

BacaMangapul Purba Paling Berpeluang, Saatnya Siantar Man Pimpin DPRD Sumut

Maka dari itu, Mulia ingin bertarung pada pemilukada Kota Pematangsiantar. Ia juga ingin agar pengabdiannya mendapat dukungan dari PDIP.

“Saya kebetulan pengurus di DPP PDIP. Tentu, saya berharap agar PDIP menjadi poros utama mengusung niat mulia ini,” ujar Mulia yang beristrikan Boru Hutajulu ini.

“Tapi kalau tidak PDIP, saya independen pun siap. Kalau soal wakil (walikota), bisa bermarga, bisa tidak,” ujar pria yang akrab disapa MRP ini.

BacaAlpeda, Putra Sidamanik yang Ingin Jadi Walikota, Semoga Tidak Sekadar Cakap-Cakap

BacaBangunan Tugu Sangnaualuh Mangkrak, Walikota Siantar Dipolisikan

Mendengar sejumlah nama yang ingin turut bertarung, seperti Alpeda Sinaga, Hefriansyah, dan Marudut Liberty Panjaitan, Mulia menilai hal itu sebagai demokrasi.

“Kita akan maju terus,” tegasnya.

Mulia menambahkan, program yang ia tawarkan nantinya berpusat pada pendidikan dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, mengenai jadwal pelaksanaan pilkada Kota Pematangsiantar hingga kini belum diketahui kapan pastinya. Jika merujuk agenda pesta demokrasi, maka Kota Pematangsiantar akan ikut pilkada serentak yang akan digelar pada 2020. Meski demikian, banyak pihak juga berpendapat jika pemilukada Siantar akan digelar pada 2024.

Share this: