6 Lokasi Tambang Galian C Diduga Ilegal Bebas Ngeruk Pasir di Perdagangan 

Share this:
BMG
Salah satu penambangan pasir milik Mahmudin Nasution di Nagori Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Kamis (9/8/2018).

BANDAR, BENTENGSIANTAR.com– Community Based Rehabilitation (CBR) Foundation, salahsatu LSM di Simalungun menemukan adanya usaha penambangan pasir ilegal pada daerah aliran Sungai Bah Bolon, Nagori Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, oleh sejumlah pengusaha.

Direktur Eksekutif CBR Foundation Agus Marpaung mengungkapkan, terdapat enam titik operasi penambangan pasir di Sungai Bah Bolon, Kecamatan Bandar yang dilakukan secara ilegal dan beroperasi menggunakan alat berat eskavator.

“Kita sudah investigasi,” ucap Agus, kepada BENTENGSIANTAR.com, Kamis (9/8/2018).

Lokasi itu, kata Agus, antara lain di Kelurahan Perdagangan I, Nagori Perdagangan II dan Kampung Kucingan di Kecamatan Bandar. Penggalian pasir itu hanya berjarak 500 meter di bawah jembatan.

“Itu tentunya akan mengancam pondasi jembatan,” kata Agus.

Menurut aktivis lingkungan hidup ini, penggalian pasir yang dilakukan sejumlah pengusaha secara ilegal akan berdampak negatif terhadap kerusakan Sungai Bah Bolon. Pasalnya, penggalian yang dilakukan tidak memedomani Keputusan Menteri PU Nomor:458/KPTS/1986 tentang Pengamanan Sungai dalam hubungan dengan Penambangan Bahan Galian C.

Penambangan akan menimbulkan perubahan perilaku aliran sungai yang membahayakan dan dikhawatirkan kedalaman penambangan melampaui ketebalan minimum serta kedalaman maksimum yang mengancam perubahan kemiringan dasar sungai.

Kegiatan penambangan pasir ilegal yang terjadi di Sungai Bah Bolon itu pun sudah dilaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

“Kami meminta Gubsu segera menindak tegas secara hukum pengusaha yang melakukan penggalian pasir tanpa memiliki izin di Sungai Bah Bolon,” ujarnya.

Agus membeberkan, salah satu pengusaha yang melakukan usaha penggalian pasir secara ilegal ini bernama Mahmudin Nasution.

(Baca: Mau Melarikan Diri, Kaki Pengedar Sabu Ditembak)

(Baca: Asnil, Terpidana Manipulasi Pajak Simalungun Diciduk Tim Intel Kejatisu)

Pengawas penambangan yang ditemui di lokasi, Rahman tak menampik bahwa usaha penambangan pasir yang diawasinya merupakan milik Mahmudin Nasution di bawah bendera CV Ananda Grup. Kata Arman, perusahaan itu mengusahai dua titik tambang pasir di Sungai Bah Bolon.

Share this: