Jalan Lintas Siantar-Tanah Jawa Terputus, JR: Besok, Mudah-mudahan Sudah Bisa Dilalui

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Bupati Simalungun JR Saragih bersama BPBD dan Dinas PUPR meminjau lokasi longsor di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Senin (1/4/2019) sore.

TANAH JAWA, BENTENGSIANTAR.com– Bupati Simalungun JR Saragih meninjau lokasi longsor yang mengakibatkan terputusnya jalan lintas Siantar-Tanah Jawa, persisnya di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Senin (1/4/2019) sore. JR didampingi personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun dan Sumatera Utara (Sumut), serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Simalungun dan Sumut.

Ditemui di lokasi, JR mengatakan, Dinas PUPR sudah menangani longsor tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan (pemerintah) provinsi. Jadi sudah ditangani,” katanya.

JR melanjutkan, secara keseluruhan, jalan belum bisa diperbaiki. Sebab, Dinas PUPR masih melakukan tender.

“Masih ada tender. Bulan lima (Mei) mulai dikerjakan,” jelasnya.

BacaHujan Deras, Jalan Lintas Siantar-Tanah Jawa Putus, Ini Jalur Alternatif

Meski begitu, kata JR, dengan perbaikan yang sudah dilakukan, besok, jalur satu arah sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Mudah-mudahan besok (Selasa) sudah bisa dilalui,” ujarnya.

BacaPemotor Tewas di Jalan Manunggal Karya yang Amblas, Pemko Bisa Dipidana

JR menambahkan, untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang lagi, Pemkab Simalungun bersama PTPN IV akan turun ke saluran irigasi guna mengetahui penyebab longsor itu.

“PTPN dan pemkab turun ke bawah (saluran irigasi), ini harus digambar ulang. Kalau asal diperbaiki, nggak ada artinya. Kita upayakan ini tidak terulang lagi,” imbuhnya.

Share this: