Serunya Lomba Solu di Poldasu Toba Lake Fiesta 2019

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Suasana Lomba Solu di perairan Danau Toba dalam rangka Poldasu Toba Lake Fiesta 2019, Jumat (11/10/2019).

PARAPAT, BENTENGSIANTAR.com– Rangkaian acara Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) 2019 diawali dengan lomba Solu Bolon dan Solu Parsadaan. Selain Kabupaten Simalungun, para peserta yang mengikuti lomba datang berbagai daerah di kawasan Danau Toba, seperti Toba Samosir (Tobasa), Tapanuli Utara (Taput), Samosir, dan Humbang Hasundutan (Humbahas).

Lomba balapan Solu Bolon dan Solu Parsadaan ini dilaksanakan perairan Danau Toba, persisnya di Pantai Bahari, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jumat (11/10/2019) siang.

Babak penyisihan, lomba Solu Bolon diikuti 14 tim dan 63 orang peserta untuk Solu Parsadaan. Masing-masing peserta adu cepat mencapai finish dengan trek sepanjang 500 meter dan dibagi dalam 4 lintasan.

BacaMenko Luhut: Kita Targetkan 500 Ribu Wisatawan Datang ke Danau Toba

Perlombaan itu dibuka langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu. Final perlombaan tersebut akan digelar hari ini Sabtu (12/10/2019). Heribertus Ompusunggu menyampaikan, PTLF 2019 bertujuan untuk mendukung program prioritas pemerintah yang saat ini mengembangkan destinasi pariwisata di Danau Toba.

“Kita ingin mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia serta membantu promosi pariwisata Danau Toba. Melalui PLTF ini, kita berusaha meningkatkan perekonomian warga sekitar Danau Toba dan mengembangkan destinasi pariwisata,” kata Heribertus.

Heribertus menambahkan, PTLF juga sebagai festival wisata dan budaya tahunan yang ke depannya menjadi ikon pariwisata baru di Danau Toba.

BacaGelaran Sosialisasi Geopark Kaldera Toba

Untuk diketahui, Solu Bolon adalah perahu yang dikayuh 10 orang, 1 orang kemudi, dan 1 orang penabuh genderang. Sedangkan Solu Parsadaan merupakan perahu yang dikayuh oleh satu orang saja.

Perahu atau Solu tidak lepas dari kehidupan penduduk yang bermukim di pesisir Danau Toba. Selain memerebutkan hadiah, perlombaan Solu di PTLF 2019 ini paling diminati warga. Selain perlombaan Solu, PTLF 2019 juga memperlombakan renang 500 Meter, Kapal hias, perlombaan masakan tradisional dan exhibition jet ski.

Share this: