Menko Luhut: Kita Targetkan 500 Ribu Wisatawan Datang ke Danau Toba

Share this:
Luhut Binsar Pandjaitan

BENTENGSIANTAR.com – Rute baru penerbangan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) Malaysia dari dan ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia, diharapkan semakin mendorong wisatawan mancanegara ke Danau Toba. Rute ini pun akan efektif berjalan mulai 28 Oktober 2018.

Adapun rute baru ini dibuka oleh maskapai asal negeri Jiran, AirAsia. Peresmian rute baru ini pun dilakukan langsung CEO Grup AirAsia Tan Sri Tony Fernandes, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam sambutannya, Luhut menyatakan rute baru dari Kuala Lumpur ke Silangit tersebut, diharapkan mendorong jumlah wisatawan mancanegara ke kawasan wisata Danau Toba. Sebab, Bandara Silangit merupakan pintu gerbang utama menuju Danau Toba.

Kalau lihat data tahun 2015 hanya 17 ribu wisatawan, tahun lalu itu naik hampir 500%. Tahun ini kita targetkan 500 ribu wisatawan akan datang ke Silangit. Itu salah satunya dengan kegiatan AirAsia ini, katanya di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia. Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di Asean, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Menurut Luhut, sektor pariwisata merupakan salah salah satu sektor unggulan bagi Indonesia. Maka, pemerintah tengah fokus mengembangkan pariwisata, salah satunya Danau Toba. Luhut menambahkan, untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata di Danau Toba, maka landasan pacu Bandara Silangit akan diperpanjang dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. “Sehingga nanti private jet juga bisa mendarat di situ,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada rute Kuala Lumpur-Silangit, penerbangan akan dilakukan pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pada pukul 10.40 waktu setempat. Penerbangan ini menggunakan nomor AK 411. Sedangkan penerbangan Silangit ke Kuala Lumpur akan dilakukan pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, pukul 11.25 WIB. Penerbangan ini menggunakan nomor AK 412.

Share this: