USI Era Kepemimpinan Marihot, Ini Pendapat Kepala Puskom Liharman

Share this:
BMG
Liharman Saragih, Dosen Fakultas Ekonomi (FE) USI

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Universitas Simalungun (USI) Kota Pematangsiantar semenjak kepemimpinan Marihot Manullang mengalami kemajuan signifikan, terutama pelayanan pendidikan akademik berbasis online.

“Saya lihat banyak perubahan signifikan,” kata Liharman Saragih, salahseorang dosen di Fakultas Ekonomi (FE) USI, kepada BENTENGSIANTAR.com, kemarin. Pria berkacamata yang dipercaya menjabat Kepala Pusat Komputer (Puskom) USI ini menuturkan, selama kurang lebih 4 tahun di puskom ada banyak program yang terealisasi. Terutama dalam pengadaan fisik, misalnya tersedianya jaringan internet berakses tinggi dan sudah banyak dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Salahsatunya penyelenggaraan ujian berbasis online.

Saat ini, kata Liharman, Puskom USI sudah mendapat kepercayaan melaksanakan ujian berbasis online tingkat SMA di Kota Pematangsiantar tahun 2017, yakni dengan SMA Yayasan USI Kota Pematangsiantar. Selanjutnya akan dijajaki kerja sama dengan SMP.

Kemudian kerja sama dengan panitia penerimaan mahasiswa baru USI. Lewat kerja sama itu, maka setiap calon mahasiswa USI, sekarang itu wajib mengikuti ujian online.

“Tujuannya untuk memetakan potensi akademik calon mahasiswa,” terang Liharman.

Berikutnya, setiap mahasiswa saat ini sudah dapat menikmati fasilitas lab komputer untuk berbagai kegiatan, seperti mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam mengolah data secara statistik. Begitu juga para mahasiswa pasca sarjana USI dapat mendukung pelatihan pengolahan data.

Perkembangan lain masih di bidang akademik, setiap mahasiswa saat ini sudah bisa melakukan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) dan KHS (Kartu Hasil Studi) lewat online. Lalu, perkembangan mengenai USI juga sudah bisa diakses lewat situs www.usi.id.

(Baca: Parlindungan Purba: USI Harus Turun ke Lapangan, Jangan Hanya Teori)

Lalu, kata Liharman, USI juga telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan ujian online setiap hari Sabtu. Pesertanya para calon agen asuransi dari berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut), seperti Sibolga dan Labuhanbatu.

“Mereka (AAJI) yang menyiapkan materi ujian, kita teknologinya. Ini sudah berlangsung dua bulan,” ucap Liharman.

(Baca: Mengapa Pilih Marihot 2 Periode Rektor USI, Ini Alasannya..)

Dengan ujian online ini hasilnya pun dapat diketahui dengan cepat. Selesai ujian, tak perlu menunggu lama hasil langsung keluar. Setiap calon agen asuransi yang lulus, akan berhak menerima sertifikat dari AAJI.

“Itu perkembangan cukup bagus yang kami rasakan di Puskom USI,” ungkapnya.

Atas capaian itu, Puskom USI kedepan akan menjajaki kerja sama ke Pusat Bahasa, untuk penyelenggaraan ujian TOEFL (Test of English as a Foreign Language).

“Ujian TOEFL ini kan lagi tren ini,” katanya.

(Baca: 5 Calon Berebut Kursi Rektor USI, Siapa Aja?)

Kemudian ketika ditanya tentang sosok kelima kandidat Rektor USI, Liharman mengaku mengenal 4 calon dari 5 orang yang mencalon. Bagi Liharman, baik Prof Dr Marihot Manullang, Dr Corry MSi, Dr Sarintan E Damanik SHut MSi, dan Dr Pinondang Nainggolan SE MSi, seluruhnya memiliki track record baik. Begitu juga Ir Bernaulus Saragih MSc PhD, yang berasal dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Seluruhnya baik, tapi kita tentu ingin yang terbaik,” ujarnya.

(Baca: Perbuatan Walikota Siantar Juga Disebut Kategori Menghina Simalungun)

Dengan adanya 5 orang calon, bagi Liharman, maka semakin terbuka kesempatan menemukan sosok Rektor USI yang terbaik dari yang baik. Oleh sebab itu, ia berharap agar pencalonan ini benar-benar dimanfaatkan untuk adu gagasan dengan tujuan yang sama untuk memajukan USI kedepan.

“Harapan kita USI kedepan lebih maju, aman dan damai. Apapun nanti keputusan, tetap yang terbaik,” tandas alumni mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah (Jateng).

Share this: