Ini Sosok Rektor USI Idaman Pariaman Purba

Share this:
BMG
Pariaman Purba, Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Simalungun.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Sepanjang tujuannya memajukan Universitas Simalungun (USI), mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berupaya meningkatkan kesejahteraan dosen dan pegawai, maka siapa pun boleh menjadi rektor.

“Itu yang kita inginkan,” ujar Pariaman Purba SE MSi, Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi (FE) USI, baru-baru ini. Pariaman mengatakan, sejauh ini USI sudah mengalami banyak kemajuan. Baik dalam perkuliahan, tata administrasi, perimbangan mahasiswa semuanya sudah lebih baik.

Kemudian soal akreditasi, masih kata Pariaman, seluruh fakultas di USI rata-rata sudah terakreditasi B. Termasuk universitas juga sudah terakreditasi B. Pencapaian ini menurut Pariaman patut diapresiasi mengingat kondisi USI sebelumnya.

“Kalau dulu, bahkan masih ada fakultas yang belum terakreditasi. Sebagai dosen pengajar di USI, saya melihatnya sebagai prestasi,” ujar pria berkacamata ini.

(Baca: Mengapa Pilih Marihot 2 Periode Rektor USI, Ini Alasannya..)

Meski demikian, Pariaman mengungkapkan bahwa dalam pemilihan Rektor USI tidak akan terlepas dari sentimen kesukuan. Namun bukan menutup kemungkinan terpilihnya sosok rektor yang benar-benar mampu memajukan USI lebih baik lagi kedepan.

(Baca: 5 Calon Berebut Kursi Rektor USI, Siapa Aja?)

Ia menganalogikan bahwa ketika ada dua calon yang memiliki kualitas sama, maka sudah pasti pilihan beralih ke kesukuan. Pemilik suara dalam hal ini senat universitas akan melihat nilai lebih pada calon, antara lain kedekatan emosional dan ataupun sentimen kesukuan tadi.

“Sentimen kesukuan, apapun katanya itu pasti ada. Tapi kalau (kualitas) beda jauh, kita harus sadar. Yang tujuannya kita juga berjuang,” ujar Pariaman.

(Baca: USI Era Kepemimpinan Marihot, Ini Pendapat Kepala Puskom Liharman)

Tentang sosok Marihot Manullang, Rektor USI yang sekarang, menurut yang Pariaman rasakan sangat bagus. USI mengalami banyak kemajuan sejak dipimpin Marihot.
“Ini pribadi ya, saya merasa nyaman,” tandasnya.

(Baca: Tioner Purba: Dibanding Dulu, USI Sekarang itu Lebih Maju)

Untuk diketahui, ada lima calon Rektor USI periode 2018-2022. Selain Prof Dr Marihot Manullang, ada Dr Corry MSi, Dr Sarintan E Damanik SHut MSi, Dr Pinondang Nainggolan SE MSi, dan Ir Bernaulus Saragih MSc PhD, dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Tahapan pemilihan sudah dimulai dan pekan depan, 24 Agustus 2018, kelima calon Rektor akan menyampaikan visi dan misinya di depan Senat.

Share this: