Benteng Siantar

Yuk Kuliah di UHKBPNP! Ini Keuntungannya

David Manalu, Wakil Rektor III UHKBPNP Bidang Kemahasiswaan Humas dan Kerjasama.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) menjalin kerjasama dengan industri, pemerintah daerah, lembaga vertikal, dan perguruan tinggi. Kerjasama itu bertujuan agar mahasiswa mendapat pendidikan dan pengalaman dari industri, praktisi serta pelaku usaha.

Wakil Rektor III UHKBPNP Bidang Kemahasiswaan Humas dan Kerjasama David Manalu mengatakan, kerjasama yang dilakukan itu merupakan bagian dari upaya kampus mempersiapkan generasi unggul dan berdaya saing.

“Mahasiswa tidak hanya belajar dengan dosen, tapi juga melihat kenyataan perubahan yang kian dinamis. Adik-adik mahasiswa juga belajar dengan para praktisi dan pelaku usaha,” kata David, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (21/9/202).

Bentuk kerjasama itu, kata David, sebagai mitra untuk pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Khusus di tempat binaan dinas pendidikan, mahasiswa FKIP melaksanakan program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah SD, SMP, SMA/SMK negeri dan swasta.

Sedangkan, mahasiswa fakultas Tehnik akan praktik di KEK Sei Mangkei, STTC, PT SOL, dan perusahaan lainnya. Selanjutnya, untuk mahasisa FMIPA praktik di perbankan, BPS, BMKG, pertambangan, dan pemda.

UHKBPNP berdiri pada tahun 2017 silam. Penerimaan mahasiswa dimulai tahun 2018. Hingga di tahun kedua, jumlahnya mencapai ribuan orang yang berasal dari 22 kabupaten/kota dan 6 provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Aceh, Jambi, Jawa Barat, dan Papua Barat.

BacaUHKBPNP Siantar Terus Berbenah di Tengah Pandemi Covid-19

Mereka datang dari suku, agama dan latar belakang yang berbeda. Kendati demikian, sambung David, mereka hidup berdampingan, tolong menolong dan solider.

“Walau kampus milik gereja, tapi sivitas akademika menjungjung tinggi pluralisme,” ucapnya.

Lebih lanjut David menjelaskan, mahasiswa di kampus UHKBNP mendapat pelbagai pelayanan, di antaranya beasiswa, diskon uang kuliah, pelatihan penyusunan proposal hibah dikti mahasiswa, latihan kepemimpinan, latihan kewirausahaan, dan pengembangan karakter.

Kemudian, organisasi kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta website kemahasiswaan yang terintegrasi dengan web utama universitas.

Bagi mahasiswa yang merupakan warga gereja Sekber United Evangelical Mission atau UEM (HKBP, GKPS, HKI, GKPI, GBKP, GKPA, BNKP, GKPPD, GKPM) dan KN-LWF (GKLI, AMIN, GPP, GPKB, ONKP, HKIP), mendapat keringanan uang kuliah dan bantuan operasional pendidikan (BOP) 10-15 persen.

Di tengah pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia, khususnya Indonesia, UHKBPNP memberikan bantuan uang kuliah tahunan semester ganjil bagi mahasiswa semester 3 dan 5 yang terkena dampak virus corona.

UHKBPNP sebagai salah satu kampus swasta favorit di Sumut yang memiliki visi ‘Unggul dan Berdaya Saing Berbasis Online’ bekerjasama dengan perguruan tinggi dan swasta di Sumatera Utara dan juga universitas luar negeri, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura.

“Kerjasama pelaksanaan program pertukaran dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan berbagai kegiatan ilmiah skala nasional maupun internasional,” terang dosen prodi Bahasa Inggris ini.

UHKBPNP di usianya beranjak 3 tahun memiliki 13 program studi di tiga Fakultas. Pertama, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki 10 program studi, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kedua, Fakultas Teknik dan Pengelolaan Sumberdaya Perairan (FTPSDP). Saat ini, FTPSDP masih punya dua program studi, yakni Teknik Mesin dan Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Perairan.

BacaKuliah di UHKBPNP Itu Menyenangkan, Ini Buktinya

Ketiga, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Fakultas ini masih punya satu program studi, yaitu Matematika.

David Manalu berharap, orangtua, masyarakat dan calon mahasiswa tidak ragu mendaftar ke UHKBPNP yang beralamat di Jalan Sangnaualuh kota Pematangsiantar.

“Yuk kuliah di UHKBPNP. Pendaftaran masih dibuka hingga bulan September,” pungkasnya.