Keunggulan di UHKBPNP, Mahasiswa Punya Soft Skill dan Mampu Berpikir Logis

Share this:
BMG
Dr Hotman Simbolon MS, Ketua LPPMB Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Salah satu keuntungan menjadi orang yang logis adalah dapat memprediksi apa yang bakal terjadi setelah munculnya sebuah peristiwa. Dengan berpikir logis, seseorang mampu merespon fenomena di sekitar dengan cepat.

“Ada kemampuan lebih bila kita bisa berpikir logis,” kata Ketua Lembaga Perencanaan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LPPMB) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Dr Hotman Simbolon MS, kepada sejumlah wartawan di kampus UHKBPNP, Jalan Sangnaualuh, Kecamatan Siantar Timur, Kamis (24/9/2020).

Dalam dunia kerja era industri 4.0, sumber daya manusia yang unggul adalah sumber daya yang tidak hanya memiliki kemampuan hard skill saja, tetapi juga memiliki kemampuan dalam aspek soft skill-nya.

“Jadi, soft skill sebagai keterampilan dalam berpikir analitis, berpikir logis dan kritis. Termasuk mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim,” jelas Hotman.

Dijelaskan, soft skill itu sendiri merupakan kompetensi non akademik yang menjadi modal seseorang agar dapat mencapai kesuksesan dalam karir serta lebih berhasil dan berfungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Karakter yang ada dalam diri merupakan faktor dominan terhadap kesuksesan seseorang dalam bekerja.

“Kesuksesan seseorang tidak hanya semata-mata ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill),” imbuh pakar statistik ini.

BacaKuliah di UHKBPNP Itu Menyenangkan, Ini Buktinya

Mantan Dekan FKIP UHN ini menuturkan, UHKBPNP mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter sesuai dengan visinya ‘Unggul dan Berdaya Saing’ dengan motto Pro Deo et Patria atau Untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi.

“Mari belajar di UHKBPNP. Hard skill dan soft skill keunggulan kita. Penerimaan mahasiswa baru masih dibuka hingga September,” ucap Hotman.

Share this: