Pertama dalam Sejarah, 1.848 Pelajar Siantar Berbalas Pantun Pakai Bahasa Simalungun

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia atas penampilan 1.848 pelajar Siantar dalam berbalas pantun menggunakan Bahasa Simalungun, Kamis (24/11/2022).

Kontribusi Besar UMKM Terhadap Pertumbuhan Nasional

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pematang Sianțar, H Kusma Erizal Ginting SH mengatakan, kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Sianțar Tahun 2022 bertujuan membangun atmosfir
untuk mencintai produk lokal (UMKM).

“Mari gunakan produk UMKM. Semoga akan lahir tokoh-tokoh UMKM dari Kota Pematang Siantar,” kata Erizal, seraya mengatakan, saat itu ia mengenakan sepatu produk UMKM.

Sedangkan, Kepala KPw BI Pematang Siantar Teuku Munandar menyampaikan, di tahun 2023, tantangan ekonomi semakin berat. Untuk menghadapi tantangan ekonomi ke depan, salah satu strateginya adalah dengan memajukan dan memberdayakan UMKM.

Alasannya, kata dia, UMKM berkontribusi besar terhadap pertumbuhan nasional (61 persen) dan Sumut (64 persen); menyerap tenaga kerja; menciptakan kemandirian ekonomi nasional/daerah; mendukung pengendalian inflasi; dan menyumbang penerimaan negara/daerah.

Penyerahan pinjaman dana bergulir kepada pelaku UMKM secara simbolis oleh Walikota Siantar Susanti Dewayani, di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022).

BacaTerjaring dari Kos-kosan Jalan Kartini Siantar, Empat Pemuda Positif Narkoba

BacaPT SDOSMR Bangun Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di KEK Sei Mangkei

Untuk memajukan UMKM, lanjut Munandar, yakni mengembangkan kapasitas UMKM sehingga menghasilkan produk berkualitas dan efisien; mengajari cara mengelola keuangan; meningkatkan literasi dan kemampuan digital; membantu dan mempermudah proses perizinan; memberikan ketenangan dan kenyamanan UMKM dalam berusaha; membeli produknya sehingga UMKM bisa terus maju usahanya; serta memperluas akses pasarnya dengan kegiatan expo, bazar, festival, atau bisa juga melalui media sosial.

“Bank Indonesia mengapresiasi Pemerintah Kota Pematang Siantar atas kegiatan Gebyar UMKM, karena membantu akses pemasaran UMKM. Selain itu adanya pemecahan Rekor MURI juga dapat mendukung promosi pariwisata di Pematang Siantar,” tuturnya.

Acara dimeriahkan dengan penampilan tarian daerah, puisi berbahasa Simalungun, dan lainnya.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: