PT Pabrik Es Siantar dan UD Artha, Masuk Nominasi Penerima Penghargaan Siddhakarya 2022

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani foto bersama dengan manajer PT Pabrik Es Siantar dan pimpinan UD Artha Remita Gultom, penerima penghargaan Siddhakarya tingkat Sumatera Utara, Selasa (15/11/2022).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– PT Pabrik Es Siantar dan UD Artha berhasil meningkatkan produktivitas selama tiga tahun berturut-turut. Atas keberhasilan itu, dua perusahaan asal Kota Pematang Siantar itu masuk nominasi penerima Penghargaan Siddhakarya Provinsi Sumut Tahun 2022 Kategori Unggul.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pun memberi apresiasi. Manajemen dari kedua perusahaan itu lantas menerima penganugerahan Siddhakarya Provinsi Sumut Tahun 2022 Kategori Unggul, dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyematkan lencana tanda penghargaan Siddhakarya Tingkat Sumut Tahun 2022 kepada Walikota Siantar Susanti Dewayani, Selasa (15/11/2022).

Tidak hanya itu, Susanti Dewayani selaku kepala daerah di Kota Pematang Siantar dan juga pembina juga menerima anugerah Siddhakarya Provinsi Sumut Tahun 2022 Kategori Unggul. Pemberian anugerah digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (15/11/2022), pagi.

Ada enam nominasi perusahaan penerima Penghargaan Siddhakarya Provinsi Sumut Tahun 2022 Kategori Unggul, yaitu PT Pasific Medan Industri, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Pasar Swalayan Maju Bersama, PT Pabrik Es Siantar dan PTLSU Siantar, CV Mandiri Kopi, dan UD Artha.

Sedangkan, penghargaan Siddhakarya untuk Kategori Berkembang, yakni PT Tanimas Soap Industries, PT Adimulia Sarimas Indonesia, dan CV Jaya Kencana.

Diketahui, siddhakarya berasal dari bahasa Sansekerta. Artinya karya prima.

Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas yang diberikan oleh gubernur di setiap tahun genap. Anugerah tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam memotivasi dunia usaha agar terus berupaya menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisien, kualitas, dan ramah lingkungan dalam usahanya. Dengan begitu tetap produktif dan semakin meningkat produktivitasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut H Baharuddin Siagian, dalam laporannya mengatakan, penyerahan penghargaan Produktivitas Siddhakarya Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022 kepada industri, terutama usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan. Sehingga dapat berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja dan masyarakat.

Juga memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil menengah dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dan dapat dijadikan teladan serta percontohan standar keberhasilan bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di provinsi Sumut.

BacaKesalahan Fatal Eks Kadisdik Zocson Silalahi, Bupati Simalungun Sampai Minta Maaf

BacaPT SDOSMR Bangun Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di KEK Sei Mangkei

Dijelaskan, metode penilaian antara lain menyangkut kepemimpinan, perencanaan strategis produktivitas, fokus pada perkembangan manajemen dan sumber daya manusia, pelanggan, perluasan pasar, data dan informasi, analisis serta manajemen proses hasil usaha dan produktivitas.

Sedangkan peserta antara lain perusahaan-perusahaan kecil menengah dan besar yang mendaftar secara online. Selanjutnya dilakukan verifikasi dokumen data oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia dan Disnaker Provinsi Sumut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, penganugerahan Siddhakarya adalah penghargaan kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitas selama tiga tahun berturut-turut.

“Sedangkan tujuan pemberian penghargaan tersebut untuk mendorong dunia usaha khususnya UKM dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Edy berharap perusahaan penerima penghargaan Siddhakarya Kategori Unggul dan Berkembang dapat menginspirasi perusahaan lain untuk ikut dalam persaingan di tahun 2023.

Baca‘Ende Sirait Sakkilik’ Berakhir Duka di Warung Tuak Siantar, Nyawa Pengunjung Melayang

BacaKetua HIPPI Siantar Dukung Pembangunan Gedung Merdeka, Tapi..

Sementara itu, Manajer PT Pabrik Es Siantar, Robinson Montes Qiu Matondang dan pimpinan UD Artha Remita Gultom mengaku bangga dengan penghargaan yang mereka terima. Apalagi penghargaan tersebut dari Pemerintah Provinsi Sumut.

Keduanya sama-sama berharap, ke depannya pemerintah lebih perhatian kepada pelaku usaha agar bisa semakin berkembang dan produktif.

Share this: