Ketahui Ini Suhu Tubuh Normal Manusia

Share this:
BMG
ilustrasi.

BENTENGSIANTAR.com– Selama ini, suhu tubuh manusia normal itu adalah 37 derajat Celcius. Angka ini ditentukan pada 1871 oleh dokter asal Jerman, Carl Wunderlich. Ia menentukan rata-rata suhu tubuh manusia setelah menguji jutaan pasien menggunakan instrumen baru kala itu, termometer. Tapi sejak saat itu, para peneliti telah mengamati suhu tubuh normal pada setiap orang berbeda-beda, dan tergantung jenis kelamin, usia, dan waktu.

Hal inilah yang perlu diketahui tentang suhu tubuh kita, ketika kondisinya lebih tinggi dari normal, dan bagaimana cara mengatasinya. Suhu tubuh normal berkisar antara 36 derajat celcius hingga 37 derajat celcius. Namun, tidak ada satu suhu tubuh ‘normal’ yang pasti, dan tergantung pada usia kita, waktu, serta seberapa aktif kita, lebih akurat mendeskripsikan suhu tubuh normal dalam kisaran.

“Temperatur dapat bervariasi antara individu, di mana beberapa anggota keluarga mungkin secara konsisten lebih bersuhu panas dari pada yang lain,” ujar Charles Brantly, MD di Central Health.

“Ini tidak selalu hal buruk. Kisaran normal sebagian besar orang adalah antara 36,1 derajat Celcius – 37,2 derajat Celcius,” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, di saat suhu tubuh normal orang dewasa berkisar di angka tersebut, pada anak-anak dan orang tua kisaran angkanya sedikit berbeda.

“Rata-rata, anak-anak cenderung lebih hangat daripada orang dewasa, dan mereka yang berusia di atas 65 tahun bersuhu lebih dingin,” sebut Brantly.

Secara umum, lanjut Brantly, hal ini adalah cerminan dari metabolisme yang lebih cepat pada mereka yang berusia lebih muda. Olahraga, status hidrasi, dan pakaian, semuanya akan memengaruhi temperatur badan harian.

Faktor lain tutur Brantly, yang dapat memengaruhi suhu tubuh manusia meski suhu tubuh pada pria dan wanita relatif sama, wanita umumnya memiliki suhu kulit lebih rendah karena persentase lemak tubuh yang lebih tinggi. Ia mengatakan, wanita juga dapat memiliki suhu yang bervariasi selama siklus menstruasi bulanan mereka.

Baca:  Tangkal Corona, Polres Simalungun Cek Suhu Tubuh Tamu yang Datang

Chawapon Kidhirunkul, MD di BDMS Wellness Clinic, juga menyebut waktu dalam sehari dapat memengaruhi suhu tubuh kita. Ia menerangkan, suhu tubuh manusia akan menurun di malam hari saat tidur dan meningkat di siang hari.

“Suhu terendah sekitar pukul 4 pagi, dan puncak tertinggi pada pukul 5 sore,” sebut Kidhirunkul.

Share this: