Etika Berkendara Sepeda Motor di Jalan Raya Agar Selamat, Termasuk Mau Menyalip

Share this:
BMG
Ilustrasi.

BENTENGSIANTAR.com– Etika berkendara sangat penting dilakukan, terlebih jika ingin menyalip atau mendahului kendaraan lain. Ini bukan hanya karena alasan sopan-santun, tetapi juga untuk menghindari kecelakaan.

Ada banyak perilaku dan juga etika dalam berkendara menggunakan sepeda motor agar bisa menerapkan kebiasaan berkendara dengan selamat. Nah, di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai etika berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya yang mungkin bisa kamu lakukan agar selamat dan aman dari kejadian yang tidak diinginkan.

Merasa dimensi kendaraannya kecil, tak sedikit pengendara sepeda motor jadi serampangan saat mendahului kendaraan lain, baik bus dan truk, hingga motor lain. Dorongan itu biasanya semakin tinggi ketika sedang berkendara bersama-sama. Pemotor kebut-kebutan dan menyalip dengan segala cara agar bisa mengikuti rekan atau berada di depan.

Dikutip dari wahanahonda.com, beberapa kebiasaan ini perlu dilatih sekarang juga, karena secara tidak sadar sebenarnya pengendara sering melakukan beberapa kesalahan dan etika buruk secara tidak sadar.

Penggunaan Klakson

Memang penggunaan klakson pada kendaraan bermotor entah itu mobil dan sepeda motor sangatlah berguna, tapi jika digunakan tidak semestinya menjadi sebuah permasalahan yang cukup pelik juga. Paling ideal penggunaan klakson adalah sebagai peringatan dan tidak digunakan untuk situasi yang terlalu dekat.

BacaMarah Kebablasan Tiga Pemuda Sidamanik, Tersinggung karena Disalip Hingga Anarkis

BacaBalapan Liar Berujung Tabrakan di Inti Kota Siantar

Misalnya, kita lebih baik menggunakan klakson di belakang kendaraan lain bukan di sebelahnya persis. Penggunaan klakson yang berlebihan juga akan menyebabkan kesalahpahaman yang bisa terjadi antar sesama pengguna jalan. Jadi, lebih baik untuk lebih bijak dalam menggunakan klakson kendaraan bermotor.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: