Benteng Siantar

Penghargaan Presiden Jokowi ke dr Farida, 100 Kali Mendonor Darah Sepanjang Hidup

dr Farida Y Lumban Tobing, menerima penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

JAKARTA, BENTENGSIANTAR.com– dr Farida Y Lumban Tobing, satu dari sekian banyak warga Kota Pematangsiantar, menerima penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Penghargaan diberikan kepada dr Farida, yang dengan sukarela telah mendonorkan darahnya 100 kali.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, didampingi Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, bertempat di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (05/08/2024). Menurut Wapres Ma’ruf Amin, pendonor darah secara sukarela merupakan pahlawan kemanusiaan karena bisa menyelamatkan nyawa sesama.

“Pendonor darah dapat kita sebut sebagai pahlawan kemanusiaan, karena dengan sukarela dan tanpa pamrih menyelamatkan nyawa dan menjaga keberlangsungan hidup sesama manusia,” ujar Ma’ruf Amin.

Oleh sebab itu, bagi Ma’ruf Amin, penerima Penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial merupakan orang-orang hebat, karena mereka telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali sepanjang hidupnya.

Dijelaskan, pemberian tanda jasa ini tertuang dalam Keppres Nomor 128 Tahun 2019 dan Nomor 35 Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial.

Penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo untuk dr Farida Lumban Tobing.

BacaSambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, Kalapas Siantar Beserta Jajaran Donor Darah

BacaAnak-anak Merdeka di samping Susanti

Terpisah, Ketua PMI Cabang Kota Pematangsiantar, Rajin Saragih, Jumat (9/8/2024), menyampaikan penganugrahan Satyalencana Kebaktian Sosial kepada Donor Darah Sukarela (DDS) yang sudah mendonasikan darahnya sebanyak 100 kali di PMI. Diutarakannya, sebanyak 1.591 pendonor darah dari 26 provinsi diundang untuk menerima penganugrahan tersebut.

“Dari Provinsi Sumatera Utara ada lima orang penerima tanda penghargaan. Seorang dari Kota Pematangsiantar, seorang dari Kabupaten Labuhanbatu, dan tiga orang dari Kota Medan,” kata Rajin.

Penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo untuk dr Farida Lumban Tobing.

BacaMengajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat Dengan Donor Darah

BacaRadiapoh Tinjau Perbaikan Jalan Rambung Merah-Karang Bangun, Target Sampai ke Karang Anyer

Diungkapkan, pendonor darah dari Kota Pematangsiantar yang sudah mendonasikan darahnya sebanyak 100 kali adalah dr Farida Y Lumbantobing.

“⁠dr Farida Lumban Tobing ditemani pengurus PMI kemarin sudah menghadap Ibu Wali Kota selaku Pelindung PMI Kota Pematangsiantar untuk memberangkatkannya,” katanya.