Dirgahayu Damkarmat ke-105 Siantar Tahun 2024, 114 Relawan Pemadam Kebakaran Terima SK Walikota 

Share this:
BMG
Walikota Pematangsiantar, Susanti Dewayani memimpin Upacara Peringatan Dirgahayu Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) ke-105 Kota Pematangsiantar Tahun 2024, di Lapangan Farel Pasaribu, Kamis (07/03/2024) pagi.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Sebanyak 114 Relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pematangsiantar dikukuhkan dan menerima Surat Keputusan (SK) langsung dari Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani. SK diserahkan pada Upacara Peringatan Dirgahayu Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) ke-105 Kota Pematangsiantar Tahun 2024, di Lapangan Farel Pasaribu, Kamis (07/03/2024) pagi.

Acara dengan tema “Terus Tingkatkan Pengabdian dan Berikan Rasa Aman kepada Seluruh Warga Negara” diisi dengan berbagai atraksi (demo) oleh Relawan Damkar dalam menangani hewan ular berbisa, dan atraksi yel yel personal Damkar. Serta penanganan ketika kebakaran, dan pemberian edukasi kepada masyarakat dalam mengatasi api agar tidak meluas.

Upacara dipimpin Susanti Dewayani, diikuti perwakilan Forkopimda, Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH, para pimpinan BUMN, BUMD, perbankan, Staf Ahli, Asisten, Kadis, Kaban, serta Kabag, juga para camat, lurah se-Kota Pematangsiantar, personel Damkar Pemkab Simalungun, Damkar PT STTC, BPBD, serta para relawan damkar.

Susanti membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rangka HUT ke-105 Damkarmat Tahun 2024, dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh petugas damkarmat yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas dan senantiasa mengedepankan visi utama pemadam kebakaran dunia, yakni to prevent fires, safe lives and properties.

Kemendagri sebagai instansi pembina umum dan teknis penyelenggara urusan sub-pemadam kebakaran berkomitmen terus memperkuat integritas, kompetensi, peralatan, dan personel, baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Salah satu terobosannya adalah bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Kerja sama ini telah mengeluarkan PermenPAN-RB Nomor 16 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Pemadam Kebakaran, juga jabatan fungsional analis kebakaran,” terangnya.

 

Suasana Upacara Peringatan Dirgahayu Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) ke-105 Kota Pematangsiantar Tahun 2024, di Lapangan Farel Pasaribu, Kamis (07/03/2024) pagi.

Dilanjutkannya, dalam implementasinya hingga tahun 2023 total aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di seluruh Indonesia sebanyak 21.656, di mana 7.189 ASN dan 14.467 non-ASN. Hal ini menunjukkan mayoritas aparatur Damkarmat diisi oleh pegawai non-ASN atau sebanyak 66,8 persen.

BacaKebakaran Menghanguskan 5 Rumah di belakang SMP Negeri 7 Siantar

BacaKebakaran di Rambung Merah Simalungun, 1 Mobil dan 1 Unit Sepeda Motor Ludes

Disebutkan juga, harus memprioritaskan aspek pencegahan dalam penanggulangan kebakaran, karena petugas pemadam kebakaran tidak hanya bekerja saat terjadi kebakaran.

“Mari kita support Dinas Kebakaran, karena mereka bekerja untuk kepentingan masyarakat dan kita juga harus menjaga kejahteraan petugas karena ini pekerjaan yang bertaruh nyawa,” ajaknya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: