Fenomena Geng Motor di Siantar: 40 Orang Diamankan, 13 Diproses, 11 di Antaranya Pelajar

Share this:
BMG
Wali Kota Susanti Dewayani saat berbicara di Focus Group Discussion (FGD) tentang Tawuran, Geng Motor, dan Kenakalan Remaja, di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Jumat (31/05/2024).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Fenomena geng motor dan kenakalan remaja di wilayah Kota Pematangsiantar telah menyebabkan kekhawatiran masyarakat. Situasi ini, harus disikapi dengan cepat dan mengambil langkah-langkah konkret.

Menyikapi situasi itu, pihak Polres Pematangsiantar telah melakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), termasuk meningkatkan patroli di sejumlah titik rawan.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno dalam pemaparannya, pada Focus Group Discussion (FGD) tentang Tawuran, Geng Motor, dan Kenakalan Remaja, bertempat di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Jumat (31/05/2024), menyampaikan, sejauh ini, sebanyak 40 orang telah diamankan. Dari 40 orang itu, 13 orang diproses hukum dan 11 di antaranya berstatus pelajar.

Masih kata Yogen, para pelaku geng motor yang berhasil diamankan berstatus pelajar dan dalam pengaruh minuman keras (miras) serta narkoba. Selain itu, beberapa anggota geng motor ternyata bukan warga Kota Pematangsiantar.

Lebih lanjut, Yogen menceritakan, saat mengamankan seorang anggota geng motor, ia merasa terkejut karena yang diamankan tersebut baru berusia 14 tahun.

“Anak itu tinggal bersama oppung-nya, dan orangtua telah berpisah. Anak tersebut mengaku ikut geng motor karena ajakan senior-seniornya,” terang Yogen.

Yogen merasa kasihan, karena anak tersebut masih kecil. Sehingga, adanya pergaulan yang salah dan broken home menjadi salah satu penyebabnya.

Masih dalam Focus Group Discussion, Kapolres Siantar mengakui ada kesan cipta kondisi dengan beredarnya video-video diduga penganiayaan oleh geng motor. Ternyata, video itu juga menyebar di Bali. Dan rekaman dalam video tersebut bukan terjadi di Kota Pematangsiantar.

Pemko Pematangsiantar menggelar focus group discussion menyikapi fenomena tawuran, geng motor, dan kenakalan remaja yang marak terjadi di Kota Pematangsiantar, belakangan ini.

BacaRencana ke Parapat, Ketemu Geng Motor di Siantar, Dua Remaja asal Asahan Ditemukan Tewas

BacaSatu Orang Anggota ‘Geng Cucu Opung’ Ditetapkan Tersangka, Terancam 10 Tahun Penjara

Sementara itu, Yogen menilai motif utama geng motor untuk menunjukkan eksistensi dan membesarkan geng motornya. Dia menambahkan, dengan telah diekspos nama satu kelompok, maka menjadi warning bagi kelompok geng motor lainnya.

Akan tetapi Yogen menegaskan tidak ada tempat bagi mereka di Kota Pematangsiantar.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: