Benteng Siantar

Wali Kota Hadiri Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman Siantar

Wali Kota Susanti Dewayani menghadiri Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman, di Jalan Diponegoro Kota Pematangsiantar, Minggu (14/07/2024) pagi.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani mengungkapkan, pembangunan Menara Patung Dewa Umat Hindu di Kuil Shri Mariamman segera terealisasi. Susanti mengatakan sangat mengapresiasi Perayaan Maha Thiruvila.

“Saya berharap perayaan suci tersebut dapat dimaknai sebagai simbol memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antara umat Hindu dengan umat beragama lainnya di Kota Pematangsiantar,” kata Susanti Dewayani, dalam sambutannya saat menghadiri Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman Kuil, Jalan Diponegoro Kota Pematangsiantar, Minggu (14/07/2024) pagi.

Kedatangan Susanti bersama rombongan disambut hangat dan gembira oleh pengurus Kuil Shri Mariamman dan umat Hindu, diiringi musik gendang dan pengalungan bunga tanda penghormatan serta penyematan Kain Sari.

Susanti menuturkan, Perayaan Maha Thiruvila selain untuk penyucian diri, juga agar terhindar dari hal-hal yang tidak benar, juga merupakan kegiatan sakral sebagai simbol rasa syukur dan penghormatan umat Hindu kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut dia, Perayaan Maha Thiruvila sangat penting, bukan hanya bagi umat Hindu, namun juga bagi masyarakat luas dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ibadah bagi. Maka dari itu, Perayaan Maha Thiruvila diharapkan dapat mendorong umat Hindu untuk mengisi jiwanya dengan nilai-nilai keimanan yang implementasinya dapat dilihat dalam pola tingkah laku sehari-hari.

Suasana Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman Kuil, Jalan Diponegoro Kota Pematangsiantar, Minggu (14/07/2024) pagi.

BacaKesadaran Masyarakat Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama Bikin Siantar Panutan Daerah Lain di Sumut

BacaKenakan Qipao Saat Imlek, Walikota Susanti Bersama Forkopimda Silaturahmi ke Sejumlah Vihara di Siantar

Kepada umat Hindu, khususnya yang ada di Kota Pematangsiantar, agar menjadikan kuil untuk kegiatan peribadatan yang khusuk, serta sebagai simbol dalam menjaga keharmonisan dan toleransi antara umat beragama.

“Pematangsiantar adalah kota yang selalu menjunjung tinggi toleransi. Untuk itu pentingnya menjaga kerukunan dan kesatuan umat, mengingat Kota Pematangsiantar terdiri dari beragam etnis, agama, ras, dan budaya,” tandas Susanti.

Halaman Selanjutnya >>>

Selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, Susanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Hindu yang ada di Kota Pematangsiantar, khususnya yang selama ini telah berperan aktif di dalam menjaga keamanan, kondusivitas, serta menjaga dan merawat toleransi antar umat beragama di Kota Pematangsiantar.

“Melalui kegiatan diharapkan kita dapat meningkatkan kerjasama, kolaborasi, dan sinergitas. Sehingga kita dapat bersama-sama melanjutkan program pembangunan kita untuk Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini,” tutur Susanti.

Pada kesempatan itu, Susanti menyampaikan selama ini, Pinandita Mitun Krisna senantiasa menjalin komunikasi dengan Pemko Pematangsiantar. Serta selalu mengupayakan agar umat Hindu di Kota Pematangsiantar dapat bersama-sama duduk dan bergandeng tangan dengan seluruh umat beragama di Kota Pematangsiantar dalam mendukung program pembangunan Kota Pematangsiantar.

“Pinandita Mitun juga selalu mengupayakan Kuil Shri Mariamman ini berkembang. Dan, tadi infonya pembangunan Menara Patung Dewa Umat Hindu akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk itu kita berdoa bersama-sama semoga niat baik dari kita semua, terutama dari seluruh umat Hindu dapat terlaksana dan dapat dimudahkan dalam pelaksanaannya,” terang Susanti.

Sebelumnya, Pinandita Mitun Krisna mengucapkan, terima kasih dan menyampaikan penghormatan kepada Susanti yang telah beberapa kali selalu meringankan langkahnya untuk hadir di setiap kegiatan keagamaan umat Hindu. Padahal, dia tahu Susanti sangat sibuk dengan berbagai kegiatan lainnya.

“Kami juga bangga melihat Kota Pematangsiantar yang sangat toleransi. Dibuktikan dengan selalu konsisten, dari pemerintah daerah, Polri dan TNI, serta organisasi masyarakatnya selalu mendukung, dan dapat hadir di Kuil Shri Mariamman kami ini dalam Perayaan Maha Thiruvila. Ini menunjukkan betapa rukun dan kuatnya toleransi dan hubungan antara umat beragama di Kota Pematangsiantar,” ujar Pinandita Mitun Krisna.

Walikota Susanti Dewayani foto bersama Pinandita Mitun Krisna, KBO Sat Binmas Polres Siantar, Iptu Marwan,Kadis Pendidikan, M Hamdani Lubis, Kabag Prokopim, Suherman, Kabag Kesra, Irwansyah Saragih, Camat Siantar Selatan, Henri Gunawan Purba, pada Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman Kuil, Jalan Diponegoro Kota Pematangsiantar, Minggu (14/07/2024) pagi.

BacaSusanti Disambut Ribuan Jemaat GKPI

BacaWali Kota Apresiasi Pentas Seni dan Bazaar Waisak Perguruan Buddhist Manjusri Siantar

Selain Susanti, tampak hadir Kapolres Pematangsiantar diwakili KBO Sat Binmas, Iptu Marwan, mewakili Dandim 0207/Simalungun, Kadis Pendidikan Kota Pematangsiantar, M Hamdani Lubis, Kabag Prokopim, Suherman, Kabag Kesra, Irwansyah Saragih, Camat Siantar Selatan, Henri Gunawan Purba beserta lurah, dan lainnya.

Halaman Sebelumnya <<<