Kuat Dugaan Kompor Gas Meledak Picu Kebakaran Ratusan Kios Pasar Horas Siantar

Share this:
ZEGA-BMG
Ribuan warga tumplek di Jalan Merdeka Siantar menyaksikan petugas saat berusaha memadamkan api yang melalap gedung 4 Pasar Horas Jaya, Minggu (22/09/2024), siang.

Kapolsek Siantar Barat, Ipda Gagas saat dikonfirmasi mengenai penyebab kebakaran dan berapa banyak kerugian akibat peristiwa itu, tidak banyak berkomentar. Pihaknya masih fokus melakukan pengamanan dan membantu memadamkan api.

Masih di lokasi, Kepala Seksi Operasional Dinas Damkarmat Kota Pematangsiantar, Remaja Ginting menuturkan, dari penelusuran mereka kerusakan terparah terdapat di lantai 2 Gedung 4 Pasar Horas Jaya. Menurutnya, kerusakan hampir 100 persen. Sedangkan, kios di lantai 1 hanya sedikit yang terkena dampak.

Mengenai berapa jumlah kios yang mengalami kerusakan akibat kebakaran itu, Remaja mengatakan, masih berkoordinasi dengan kepolisian dan Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Kota Pematangsiantar.

“Kalau informasinya, ada sekitar 400 kios,” kata Remaja.

Sementara itu, Direktur Umum PD PHJ, Yusrizal Lubis menyebutkan, total kios di Gedung 4 Pasar Horas terdapat 420 unit. Namun, pihaknya masih melakukan inventarisir jumlah kios yang terbakar.

Salahseorang warga tengah mengabadikan kobaran api saat melalap kios lantai II Gedung 4 Pasar Horas Jaya, Kota Pematangsiantar, Minggu (22/09/2024), siang.

BacaKebakaran Hebat di Jalan Mojopahit Siantar, 4 Rumah Hangus, Bapak-Anak Tewas

BacaSusanti ke Kemendagri, ‘Minta’ Bantuan Hibah Mobil Pemadam Kebakaran

Sebagai informasi, Gedung 4 Pasar Horas Jaya dominan dihuni para pedagang pakaian bekas, pedagang burung (unggas), dan pedagang sayur mayur. Selain itu, ada juga beberapa pedagang atau warung kopi. Menurut sumber dari pedagang dan petugas parkir di lokasi, melihat bahwa sumber api berasal dari deretan kios pedagang warung kopi di Gedung 4 Pasar Horas.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: