Senin Membara di Kampung Melayu Siantar, 24 Rumah Hangus Terbakar

Share this:
IST-BMG
Rumah penduduk di Jalan Wahidin, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, tinggal puing setelah diterpa musibah kebakaran pada Senin (23/09/2024) dini hari.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Belum lagi air mata mengering setelah musibah kebakaran menimpa para pedagang di Gedung 4 Pasar Horas Jaya, pada Minggu (22/09/2024) siang. Peristiwa serupa terjadi di Jalan Wahidin atau persis di belakang Gedung 4 Pasar Horas Jaya, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, pada Senin (23/09/2024) dini hari.

Permukiman padat penduduk (dulu dikenal dengan sebutan Kampung Melayu) itu dilalap api si jago merah. Dalam insiden itu, 24 rumah dilaporkan hangus terbakar.

Informasi diperoleh BENTENG SIANTAR, terjadinya kebakaran berawal dari rumah warga atas nama Rojali (79). Sesaat sebelum kejadian, Rojali sedang memasak air panas untuk membuat teh manis.

Namun, pada saat itu, Rojali ketiduran, sehingga air yang dimasak dalam ceret habis (kekeringan). Kemudian, api membakar tempat masak, lalu menyambar dinding rumahnya yang terbuat dari papan. Seketika api pun membesar dan dengan cepat menyambar rumah di sekitarnya, pada Senin sekira pukul 03.15 WIB.

Tidak lama kemudian, 4 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Pematangsiantar, 2 unit mobil pemadam kebakaran milik PT STTC, dan 1 unit mobil pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Simalungun, turun ke lokasi. Dengan bantuan TNI-Polri dan warga, api berhasil dipadamkan sekira pukul 06.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar.

Data diperoleh, sebanyak 8 unit rumah hangus terbakar berada di Jalan Wahidin, Gang Semangka, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara. Adapun nama-nama pemilik rumah korban kebakaran di Gang Semangka, yakni Rojali (79), Yesi Gusman (44), Eni Arma Yuningsih (50), Parida Hanin (45), Rita P Simamora (50), Andre Yahya (56), Mak Tinah (50), Nazarudin (45).

BacaKuat Dugaan Kompor Gas Meledak Picu Kebakaran Ratusan Kios Pasar Horas Siantar

BacaHari Ini, Kebakaran Beruntun di Siantar, 2 Rumah Hangus, Satu Orang Meninggal Dunia

Kemudian, 11 rumah di Jalan Wahidin, Gang Karya Islam, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara. Adapun nama-nama pemilik rumah yang terbakar di Gang Karya Islam, yakni; Junimarta Girsang (60), Tumini (70), Febri Arira (23), Suryanto (45), Rahmat P Nasution (50), Hotlina Siburian (60), Sahrul Nasution (45), Edi Siburian (56), James Simanjuntak (56), Katerina (40), Eni Arma Yuningsih (50).

Lalu, 5 rumah hangus terbakar berada di Jalan Wahidin, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara. Adapun nama-nama pemilik rumah yang tertimpa musibah, yakni: Halimah (70), Roy Mirza (40), Lindo Contong (60), Padang Panjang (26), dan Alfonso Sihombing (42).

Petugas TNI saat berusaha ikut membantu memadamkan api yang melalap permukiman padat penduduk di Jalan Wahidin, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, pada Senin (23/09/2024) dini hari.

BacaKebakaran Hebat di Jalan Mojopahit Siantar, 4 Rumah Hangus, Bapak-Anak Tewas

BacaSusanti ke Kemendagri, ‘Minta’ Bantuan Hibah Mobil Pemadam Kebakaran

Dari data itu diketahui, mayoritas korban kebakaran di Jalan Wahidin, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, bekerja sebagai pedagang. Satu orang di antara korban bernama James Simanjuntak, bekerja sebagai honorer di Pemko Pematangsiantar.

Share this: