Simalungun Punya 5 Unit Damkar, Semua ‘Terduduk’, Ini PR Radiapoh Sinaga!

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Salahsatu mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Simalungun teronggok di eks Posko Covid-19 Jalan Asahan, Kecamatan Siantar. Foto ini diabadikan, Selasa (29/3/2022).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Pemerintah Kabupaten Simalungun benar-benar tidak siap ketika warganya ditimpa musibah kebakaran. Ada lima unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Simalungun, tapi sayang semua teronggok– sama sekali tidak berfungsi dengan baik.

Kelima unit damkar itu tersebar di beberapa tempat di Simalungun. Ada 1 unit di Posko Covid-19 Simalungun, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar. Sebagian lagi ada 1 unit di Perdagangan, Kecamatan Bandar.

Lalu, 1 unit berada di Pamatang Raya. 1 unit ada di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Dan, 1 unit lagi berada di salahsatu bengkel di Kota Pematang Siantar.

“Semua tidak dapat berfungsi dengan baik,” kata Robert Kenedi Silalahi, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, ketika ditemui BENTENG SIANTAR, Selasa (29/3/2022).

Robert mengungkapkan, kondisi armada pemadam kebakaran milik Simalungun sudah termakan usia. Usia rata-rata armada pemadam 20 tahun-an. Kendala lain,  sambung Robert, sulit mendapat sparepart mesin pompa pada mobil pemadam kebakaran.

“Sebagai contoh armada pemadam yang berada di Posko Covid-19 Simalungun. Masalah ada pada mesin pompa yang tidak berfungsi. Kita sudah dicari ke mana-mana, barangnya tidak ada,” keluh Robert.

Salahsatu armada pemadam kebakaran milik Pemkab Simalungun yang teronggok di Posko Covid-19 Simalungun.

BacaLelang Proyek Segera Dimulai di Simalungun, Kadis PU: Perusahaan Kollo-kollo Jangan Berharap

BacaMaaf.. Ada Pergantian Pipa Perumda Tirtauli di jalur Umbul Nagahuta, Layanan Air Bersih Terganggu

Atas kondisi itu, dia mengaku jika Simalungun benar-benar tidak siap siaga jika terjadi kebakaran.

“Ya, sama sekali tidak siap dari sarana. Dan, kondisi ini sudah kita sampaikan langsung kepada pak Wakil Bupati Simalungun,” ungkap Robert.

Meski demikian, mereka tetap melakukan upaya salahsatunya dengan melakukan custom terhadap mobil tangki air yang berada di Perdagangan, Kecamatan Bandar.

Halaman Selanjutnya >>>

Simalungun Minimal Punya Lima Unit Damkar Baru

Share this: