Tanaman Sawit PTPN IV Tidak Terawat, Lokasi di Afdeling IV Unit Dolok Sinumbah

Share this:
Tanaman belum menghasilkan (TBM) di Perkebunan PTPN IV Unit Dolok Sinumbah ( Dosin), Bosar Bayu, Kecamatan Hutabayu Raya, Kabupaten Simalungun, tidak terawat. Foto diabadikan Jumat (10/3/2023).

HUTABAYU RAJA, BENTENGSIANTAR.com– Tanaman belum menghasilkan (TBM) di perkebunan PTPN IV, Unit Dolok Sinumbah ( Dosin), Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tidak terawat. Padahal, dana perawatan tersedia untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Dari penelusuran BENTENG SIANTAR, Jumat (10/3/2023), tanaman sawit belum menghasilkan yang tidak terawat itu berada di afdeling IV, Bosar Bayu, Hutabayu Raja. Hampir seluruh piringan pohon kelapa sawit sesak tumbuhan liar dan gulma.

Pertumbuhan tanaman sawit belum menghasilkan tersebut hampir tidak bisa mengimbangi gulma yang tumbuh dengan leluasa di areal perkebunan.

Bahkan, kacangan atau macuna yang berfungsi sebagai penutup permukaan tanah dan sekaligus penyubur tanah, tidak lagi terlihat diakibatkan semak belukar yang dibiarkan tumbuh hidup di lingkaran piringan pokok kelapa sawit.

Seharusnya, pihak perkebunan PTPN IV unit Dosin yang membidangi perawatan tanaman, memperhatikan, dan merawat tanaman milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan harapan nantinya tanaman sawit tersebut dapat menghasilkan produksi yang maksimal.

BacaProtes Penertiban Bangunan Liar di Pinggiran Kebun PTPN IV Unit Marihat: Terkesan Pandang Bulu

BacaKondisi Tanaman Sawit PTPN IV Unit Bah Jambi Memprihatinkan: Daun Rusak, Sesak Semak Belukar

Namun, dari pemantauan di lokasi, sama sekali tidak terlihat ada jejak aktivitas pembersihan gulma. Melihat kondisi yang ada, pihak manajemen Perkebunan PTPN IV Unit Dosin Afdeling IV terkesan melakukan pembiaran.

Halaman Selanjutnya >>>

Itu Belum Seberapa, di Sana Lebih Parah

Share this: