Kalau Begini, PTPN 4 Bisa Merugi! Tanaman Sawit Muda di Unit Balimbingan Semak Kali

Share this:
RICHARDO GULTOM-BMG
Hamparan tanaman belum menghasilkan di perkebunan kelapa sawit PTPN 4 Kebun Unit Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, tampak sesak semak belukar. Tangkapan layar video: direkam Senin (27/3/2023).

TANAH JAWA, BENTENGSIANTAR.com– Kondisi tanaman belum menghasilkan (TBM) di perkebunan kelapa sawit PTPN 4, Kebun Unit Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, sungguh memprihatinkan.

Dari pantauan lapangan BENTENG SIANTAR di Afdeling I Kebun Unit Balimbingan, Senin (27/3/2023), hampir seluruh piringan pohon kelapa sawit tidak dibersihkan. Bahkan, kacangan atau macuna yang berfungsi sebagai penutup tanah dan penyubur tanah, sama sekali tidak terlihat.

Yang ada justru tumbuhan liar dan gulma menyelimuti hampir di seluruh tanaman sawit.

Kondisi serupa di areal kebun tidak seberapa jauh dari RSU Balimbingan, tanaman sawit belum menghasilkan tersebut hampir tidak bisa mengimbangi gulma yang tumbuh dengan leluasa di areal perkebunan, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu proses pertumbuhan pada sawit muda itu.

Bahkan, masih ditemukan sisa sisa bole atau tunggul pohon kelapa sawit yang tidak dibongkar. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi serangan rayap yang berimplikasi pada pertumbuhan sawit.

Di sisi lain, awak media juga menemukan tanaman sawit muda yang terserang hama. Hal itu terlihat dari daun kelapa sawit yang keriting dan sebagian ada yang sudah mengering.

Hal lain yang mencolok adalah tidak ditemukan adanya jangkos atau janjangan kosong pada area tersebut.

BacaManager PTPN IV Unit Marihat Berdalih Penertiban Bangunan Liar Dilakukan Bertahap

BacaSupir Truk Vendor Curi Sawit di PKS Dolok Sinumbah, Manajemen Tidak Lapor Polisi

Melihat kondisi itu maka patut dipertanyakan ke mana dana perawatan kebun, sehingga kebun tersebut terkesan tidak terurus dan tidak terawat.

Halaman Selanjutnya >>>

Manajer Aulia: Evaluasi akan Dilakukan

Share this: