Perahu Ponton, Inovasi TNI AD untuk Angkut Sampah di Danau Toba, 1 Unit untuk Simalungun

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Kasad TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga. (Latar) Perahu ponton, pembersih sampah di perairan Danau Toba. Foto diabadikan di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (20/09/2024).

Menurut Maruli, kebersihan Danau Toba adalah tanggung jawab bersama. Apalagi, Danau Toba yang memiliki keindahan alam luar biasa, merupakan salahsatu objek wisata super prioritas di Indonesia. Untuk menjangkau Danau Toba, juga sudah mudah. Semua sudah difasilitasi, baik dari infrastrukturnya seperti pembangunan jalan tol.

“Jadi, tujuan kita adalah multiplier effect (efek berganda) agar perekonomian masyarakat meningkat,” terang Maruli.

Pada kesempatan itu, Maruli juga menyebutkan bahwa TNI juga sudah membuat program dengan pembuatan air bersih. Hal itu semua, sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat Indonesia.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Kasad TNI, atas kepeduliannya terhadap Danau Toba. Bagi Radiapoh, bantuan perahu panton merupakan anugerah bagi Kabupaten Simalungun, sebagai salahsatu wilayah yang memiliki garis pantai terpanjang di Danau Toba.

Kepala OPD Simalungun, Sabar Saragih dan Daniel Silalahi berpose di perahu panton, usai serah terima dari Kasad TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kepada Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (20/09/2024).

BacaMedan-Danau Toba Makin Singkat, Setelah Wisata ke Parapat, Ayo.. Nikmati Kuliner Siantar!

BacaTiga Rihit, Kampung Warna Warni di Tepian Danau Toba, Satu dari 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Radiapoh menyambut baik bantuan itu, dengan menganggarkan biaya operasional perahu panton untuk menjaga kebersihan Danau Toba.

“Kami akan memanfaatkan kapal ponton ini, sebaik mungkin agar Danau Toba yang berada di Kabupaten Simalungun, bersih dan indah. Dengan begitu, wisatawan akan semakin ramai yang datang,” ujar Radiapoh.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: