Kirab Api PON Tiba di Siantar, Susanti Sambut dengan Penuh Suka Cita

Share this:
BMG
Wali Kota Susanti Dewayani menyambut rombongan Kirab Api PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut di Lapangan Adam Malik, Senin (02/09/2024) siang.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menyambut rombongan Kirab Api PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut. Selanjutnya, Susanti menjadi inspektur upacara Penyambutan Kirab Api PON, yang berlangsung di Lapangan Adam Malik, Senin (02/09/2024) siang. Susanti dalam amanatnya mengatakan, kegiatan tersebut masih dalam rangkaian penyelenggaraan PON.

“Kita menyambut Kirab Obor Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, yang baru saja diterima dari Kabupaten Simalungun, dan nantinya setelah pelaksanaan upacara akan dilepas menuju Kabupaten Toba,” kata Susanti.

Susanti melanjutkan, momentum ini tidak hanya menjadi tanda dimulainya persiapan menuju puncak acara PON. Tetapi juga sebagai momentum penting dalam menyatukan semangat seluruh masyarakat Indonesia.

Masih kata Susanti, PON merupakan salah satu event olahraga terbesar di Indonesia yang telah menjadi bagian dari sejarah panjang bangsa Indonesia.

PON, diselenggarakan pertama kali tahun 1948 di Kota Surakarta.

“PON lahir dari semangat kebangsaan yang menggelora pasca kemerdekaan. Saat itu, bangsa kita baru saja terbebas dari penjajahan, dan melalui olahraga, semangat persatuan dan kebersamaan kita semakin dikuatkan,” terang Susanti.

Dilanjutkan Susanti, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pernah menjadi tuan rumah PON III tahun 1953.

“Hari ini, kita menyaksikan kembali Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama Provinsi Aceh, dan tradisi mulia dalam rangkaian penyelenggaraan PON, yaitu Kirab Api,” jelas Susanti.

BacaSemarak PON XXI Aceh-Sumut Sudah Dimulai, Siantar Menyala

BacaTok! Venue Cabor Tinju Akhirnya Pindah ke Aula Nommensen

Api yang dibawa dalan Kirab Api, lanjut Susanti, bukanlah sekadar simbol. Tetapi merupakan api semangat yang melambangkan kegigihan, keberanian, dan ketekunan.

“Kirab Api yang dimulai dari Provinsi Aceh, dan hari ini di Pematangsiantar, adalah pengingat bagi kita semua, bahwa semangat PON harus terus berkobar, tidak hanya di hati para atlet, tetapi juga di hati seluruh masyarakat Indonesia,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: