Ayo Perkenalkan Kopi Samosir kepada Dunia!

Share this:
BMG
Bupati-Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM-Ir Juang Sinaga menerima cinderamata dari Ketua Samosir Coffee Synergy pada acara Ngopi Bareng sebagai peringatan Hari Kopi Internasional di Warung Kopi Synergy, Pangururan, Samosir, Selasa (1/10/2019).

SAMOSIR, BENTENGSIANTAR.com – Ratusan orang terlihat begitu bersemangat larut dalam keseruan acara ‘Ngopi Bareng Tanpa Gula’ sebagai peringatan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober di Warung Kopi Synergy, Komplek Hotel Tiga Besar, Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (1/10/2019). Sebab, tak hanya minum kopi gratis, tapi kegiatan ini juga sarat makna, dimana ada edukasi budidaya hingga paska panen kopi.

Kegiatan ini dilaksanakan Samosir Coffee Synergy, yang merupakan wadah bagi para pegiat kopi Samosir, yang meliputi atraksi latte art, traditional roasting, cupping dan manual brewing yang semua bahan bakunya adalah kopi Samosir, talkshow tentang budidaya hingga paska panen yang menghadirkan narasumber dari perbankan dari BRI dan Dinas Pertanian Kabupaten Samosir.

Selain itu, ada juga transaksi jual beli kopi yang menyajikan 11 produk kopi Samosir, yaitu Salto, Kaldera, Dinanti, Nature, Synergy, Hotdaina, Alusi, D7 Kopi, Tamba Indah, Pardosir, MPIG Kopi Pulo Samosir.

BACA: Berkunjung ke Kedai Kopi Nainggolan, Djarot Apresiasi Tingginya Toleransi di Siantar

Masyarakat, petani, pengusaha kopi dan pemerintah daerah tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Sekretaris Daerah Drs Jabiat Sagala MHum serta beberapa kepala OPD menyempatkan diri untuk hadir pada kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ir Juang Sinaga terus menyemangati Samosir Coffee Synergy agar terus berjuang mengenalkan dan memasarkan kopi Samosir ke seluruh Nusantara, bahkan dunia.

“Saya yakin untuk mencapai itu bukan hal mudah. Pasti sangat berat dan banyak yang harus dikorbankan. Tapi, saya minta agar saudara sekalian tetap bertahan dan terus berjuang, bagaimana agar kopi Samosir ini semakin dikenal, dan tentu dampaknya akan sangat baik bagi petani kopi, pengusaha kopi dan masyarakat Samosir,” ujarnya.

Atraksi sajian kopi latte art, pada acara Ngopi Bareng sebagai peringatan Hari Kopi Internasional di Warung Kopi Synergy, Pangururan, Samosir, Selasa (1/10/2019).

Sementara Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM menyampaikan bahwa sudah sepantasnya kopi Samosir mendapatkan tempat istimewa dalam perdagangan kopi di Indonesia, bahkan dunia, karena kopi Samosir memang memiliki cita rasa yang luar biasa.

Karenanya, dia sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena hadirnya Samosir Coffee Synergy diharapkan mampu menjaga kopi Samosir dari ‘serangan’ tengkulak-tengkulak yang datang membeli kopi berkualitas tetapi dengan harga yang murah.

Apalagi, kualitas kopi Samosir ini bisa kita kabarkan ke seluruh Indonesia dan dunia, maka orang akan datang berduyun-duyun kemari untuk mendapatkan kopi Samosir. “Wisatawan yang datang pun sudah punya pilihan yang mantap untuk membeli oleh-oleh dari sini, yakni kopi Samosir,” imbuh bupati.

Share this:
http://www.lioit.com