Sejarah Baru! Mars Kota Pematang Sianțar Telah Tercipta

Share this:
BMG
Penyerahan hasil lomba dan dokumen Mars Kota Pematang Sianțar dari Pengurus DPP Korps Senior Himapsi kepada Waikota Susanti Dewayani, bertempat di Lapangan Pariwisata (Tugu Becak), Jalan Merdeka Pematang Siantar, Sabtu (28/10/2023). 

Erizal Ginting, selaku dewan juri usai menyerahkan berkas kepada Susanti mengatakan, di dalam berkas tersebut berisi pesan penting dari masyarakat Kota Pematang Sianțar, khususnya masyarakat Simalungun yang ada di Kota Pematang Siantar.

“Tolong diperjuangkan,” pinta Erizal.

Lebih lanjut Erizal mengharapkan kepada Boy Iskandar Warongan, selaku inisiator Perda Inisiatif DPRD Kota Pematang Sianțar Tahun 2021 tentang Simbol dan Cagar Budaya serta yang terakhir terkait CSR, agar memperjuangkan mars tersebut di DPRD Kota Pematang Sianțar, sehingga menjadi Perda.

“Karena bumi Kota Pematang Siantar membutuhkan hal itu. Ketika Garuda membutuhkan Bhinneka Tunggal Ika, maka Kota Pematang Siantar membutuhkan Sapangambei Manoktok Hitei, sebagai tanda cinta kepada leluhur kita,” tegas Erizal.

Dalam kesempatan itu, Mars Kota Pematang Siantar diperdengarkan di hadapan Susanti dan seluruh yang hadir oleh paduan suara SMA Yayasan Perguruan Sultan Agung. Saat mars diperdengarkan, Susanti bersama Erizal Ginting dan seluruh yang hadir tampak serius mendengarkan.

Usai mendengarkan mars, Ketua Panitia, Rado Damanik bersama panitia lainnya menyerahkan hasil kreasi anak bangsa berupa gambar sketsa Susanti yang mengenakan pakaian adat Simalungun.

Dengan mengenakan pakaian adat Simalungun, gambar tersebut menjelaskan Susanti telah dianggap sebagai putri Simalungun, yang memiliki ahap luar biasa kepada Kota Pematang Siantar.

Boy Iskandar Warongan dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Terkait Mars Kota Pematang Sianțar yang telah tercipta, Boy yang merupakan Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kota Pematang Siantar ini mengakui hal tersebut merupakan sebuah prestasi.

“Beri aplaus kepada panitia yang telah bekerja keras,” serunya.

BacaIni Salah satu Langkah Konkret Mengembalikan Siantar Kota Pendidikan

BacaBerebut Warisan Sampai Berperkara, Anak dari Istri Pertama Ngotot Minta Separuh Harta Mendiang Ayah

Boy juga mengucapkan terima kasih kepada Susanti yang terus melakukan inovasi dan pembangunan yang tiada henti di Kota Pematang Sianțar.

“Hal ini merupakan sebuah komitmen Pemko Pematang Siantar dengan masyarakatnya,” tutup Boy, sembari mengucapkan selamat kepada juara dan bagi yang belum mendapatkan juara, ia berharap agar tidak putus asa dan tetap bersemangat dalam berkarya.

Hadir pada acara ini, para juri perlombaan Art Festival, tokoh adat, tokoh masyarakat dan budaya, tokoh pemuda, para kepala sekolah serta guru pendamping.

Halaman Selanjutnya <<<

Share this: