Tortor Nanggurdaha Memukau Pengunjung Lancang Kuning Carnaval Riau

Share this:
BMG
Seniman dari Sanggar Budaya Rayantara menampilkan Tortor Nanggurdaha (Tari Burung Garuda) dan Tortor Raja Bongkala (Kera Putih), tarian Simalungun karya Maestro Op Raminah Garingging, pada Acara Lancang Kuning Carnaval di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (03/05/2024). 

PEKANBARU, BENTENGSIANTAR.com– Sanggar Budaya Rayantara dan anak-anak Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsianțar hadir sebagai salah satu pengisi acara dari Kota Pematangsiantar pada kegiatan Lancang Kuning Carnaval, yang digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (03/05/2024).

Sanggar Budaya Rayantara menampilkan Tortor Nanggurdaha (Tari Burung Garuda) dan Tortor Raja Bongkala (Kera Putih), tarian Simalungun karya Maestro Op Raminah Garingging.

Kemudian, Tim Tari Yayasan Perguruan Sultan Agung menampilkan tari Sitalasari, tari Martonun, dan tari Toba (Sipitu Cawan + Martonduk). Penampilan mereka memukau para pengunjung yang memadati lokasi acara.

Setelah pentas seni, kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Budaya yang dilepas oleh Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto SF. Di Pawai Budaya tersebut, kontingen Kota Pematangsiantar sebanyak 80 orang.

Mereka terdiri atas tim Sanggar Budaya Rayantara, tim tari Yayasan Perguruan Sultan Agung, dan model karnaval dari TD Management, serta sejumlah OPD Pemko Pematangsiantar.

BacaRakernas XVI APEKSI 2023 Rekomendasi Poin Pesan Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

BacaBerpakaian Adat Simalungun Lengkap, Susanti Jamu para Walikota dari Subulussalam Hingga Solok

Pentas seni dan Pawai Budaya itu merupakan rangkaian acara Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Selain pentas seni dan Pawai Budaya, juga dimeriahkan stand produk UMKM. Dan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar ikut serta.

Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, didampingi Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting foto bersama dengan para seniman dari Sanggar Budaya Rayantara dan Tim Tari Yayasan Perguruan Sultan Agung, di sela-sela mengunjungi stand UMKM Pemko Pematangsiantar, di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (03/05/2024).

BacaRaker APEKSI Komwil 1 di Pekanbaru: Kesempatan untuk Berkolaborasi Antarkota

Baca24 Kota Delegasi dari 5 Provinsi di Sumatera Hadir di Bumi Lancang Kuning

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, didampingi Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting mengunjungi stand UMKM Pemko Pematangsiantar di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (03/05/2024).

Sejumlah produk UMKM dipajang. Seperti jajanan, aksesoris, ulos, hiou, dan lainnya. Selain itu, Susanti juga berkesempatan mengunjungi stand UMKM Pemko Medan.

Share this: