Rakernas XVI APEKSI 2023 Rekomendasi Poin Pesan Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani saat mengikuti diskusi panel dengan tema 'Indonesia dan Tantangan Pembangunan Kota di Masa Depan', bertempat di Upperhills, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

MAKASSAR, BENTENGSIANTAR.com– Hari kedua Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI 2023, Walikota Siantar Susanti Dewayani mengikuti sejumlah kegiatan, termasuk mengikuti diskusi panel dengan thema ‘Indonesia dan Tantangan Pembangunan Kota di Masa Depan’, Kamis (13/7/2023), bertempat di Upperhills, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir tiga orang pembicara, mereka adalah calon pemimpin bangsa, seperti Ganjar Pranowo, Anis Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Selain itu, agenda penting lainnya yakni penyampaian Program Kerja APEKSI 2024 dan Calon Tuan Rumah Rakernas
2024 serta penyampaian Rekomendasi.

Dalam rekomendasi Rakernas XVI APEKSI 2023, itu ada beberapa poin pesan kunci, yakni konsistensi pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah yang mengakomodir berbagai keunggulan dan potensi setiap kota (daerah).

Tantangan dalam menuju ‘Indonesia Emas 2045’, perlu peta jalan dan strategi yang mengakomodasi kaum muda kreatif perkotaan. Dan, yang terakhir masa transisi kepemimpinan nasional dan daerah memerlukan kejelasan tata kelola (regulasi, kelembagaan, dan pembiayaan secara komprehensif).

Selain itu, sejumlah isu strategis dan narasi rekomendasi disampaikan terkait regulasi, kelembagaan dan fiskal. Begitu juga rekomendasi bersurat dan audiensi kepada menteri dan kepala lembaga.

BacaTampil dengan Pakaian Adat Simalungun, Rombongan Susanti Disambut Hangat Pengunjung Pantai Losari Makassar

BacaSusanti Hadiri Rakernas APEKSI 2023 di Makassar, Dorong Kepastian Nasib Honorer

Untuk aspirasi 98 anggota Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia, isu nasional seperti stunting, smart city, dana kelurahan, pengendalian inflasi, ASN Honorer serta isu lainnya menjadi rekomendasi.

Halaman Selanjutnya >>>

Menikmati Kuliner di Lorong Wisata Canberra

Share this: