Radiapoh Bangun Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya

Share this:
BMG
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan kata sambutan dalam Acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya, Kamis (8/8/2024).

RAYA, BENTENGSIANTAR.com– Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya, Kamis (8/8/2024). Pembangunan sanggar seni dan budaya ini sebagai sarana dalam upaya mempertahankan, melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah agar tidak hilang tergerus zaman.

Radiapoh berharap keberadaan sanggar seni dan budaya dapat dijadikan sarana bagi generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan seni dan budaya daerah Simalungun. Pesan itu juga dia sampaikan kepada para pemangku adat budaya Simalungun.

Jantoguh Damanik SSos, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partumpuan Pemangku Adat Budaya (PPAB) Simalungun, menyampaikan apresiasi kepada radiapoh atas perhatiannya terhadap upaya pelestarian seni dan budaya Simalungun. Dia mengungkapkan, sudah sejak lama mendambakan pembangunan gedung sanggar seni dan budaya, akan tetapi baru terealisasi di eranya Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

“Ini sejarah, harapan kita memiliki rumah budaya simalungun telah terwujud,” kata Jantoguh.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menerima dayok nabinatur di sela-sela Acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya, Kamis (8/8/2024).

BacaDua Tokoh Calon Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023, Salahsatunya Maestro Seni asal Siantar

BacaKlarifikasi PPAB-Simalungun ke Kementerian LHK Soal Klaim Kelompok Tertentu Atas Tanah Ulayat di Sihaporas

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Simalungun, Hotbinson Damanik dalam laporannya menyampaikan sanggar seni dan budaya yang akan dibangun merupakan gedung satu lantai, dengan luas 480 m². Sanggar seni dan budaya dilengkapi sarana pendukung, seperti pendopo, patung budaya Simalungun, pagar, pelataran dengan material paving block, menara air, sumur bor, dan drainase.

Masih kata Hotbinson, gedung itu nantinya memiliki sejumlah ruangan, di antaranya Ruang Pemangku Adat, Ruang Himapsi, Ruang Pertemuan, Ruang Kepala Pengelola, Ruang Pameran, Ruang UMKM, dan toilet.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sanggar Seni dan Budaya di Pamatang Raya, Kamis (8/8/2024).

BacaRadiapoh Jelaskan Apa Itu Marharoan Bolon

BacaPenghargaan Presiden Jokowi ke dr Farida, 100 Kali Mendonor Darah Sepanjang Hidup

Dijelaskan bahwa pembangunan Sanggar Seni dan Budaya sesuai dengan visi dan misi Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, yaitu, Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Peningkatan Kualitas Generasi Muda/Millenial.

Share this: