Dua Tokoh Calon Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023, Salahsatunya Maestro Seni asal Siantar

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Oppung Raminah Garingging (insert). Tim Anugrah Kebudayaan Indonesia hadir dalam rangka Oppung Raminah Garingging diusulkan sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Rabu (04/10/2023) sore.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pengumuman dan penyerahan gelar Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi akan dilaksanakan di Jakarta, 27 Oktober 2023 mendatang. Untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), hanya ada dua tokoh sebagai calon penerima AKI, yakni dari Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Samosir.

Dari Kota Pematang Siantar, Oppung Raminah Garingging diusulkan sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi. Pengusulan ini mendapat dukungan dan perhatian khusus dari Walikota Susanti Dewayani.

Tim Verifikasi AKI 2023 Kàtegori Maestro Seni Tradisi, melakukan peninjauan dan uji data terhadap usulan dan pengajuan Oppung Raminah Garingging yang kini berusia 89 tahun, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Rabu (04/10/2023) sore.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Rudolf Barmen Manurung menyampaikan, walau di usia yang tidak lagi muda, Oppung Raminah dinilai setia dalam melatih Tortor dan menceritakan budaya Simalungun.

BacaMomen Keakraban Walikota Susanti Dewayani dengan Sang Maestro Sanggar Rayantara Raminah Garingging

BacaPertama dalam Sejarah, 1.848 Pelajar Siantar Berbalas Pantun Pakai Bahasa Simalungun

Oppung Raminah, lanjutnya, juga masih aktif dan selalu membimbing generasi muda, selain melatih di sanggar dan berbagai sekolah. Dia juga terlibat dalam berbagai kegiatan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, baik Dinas Pariwisata, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, hingga mendapat perhatian khusus dari Susanti.

“Orangtua kategori lansia biasanya yang sudah memasuki masa pensiun, sudah lebih banyak istirahat di rumah. Tetapi Oppung Raminah Garingging masih mau berbagi untuk generasi muda dan terus bekerja serta berkarya,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: