Pesta Rondang Bittang, Menjaga Keutuhan dan Kelestarian Adat Budaya Simalungun

Share this:
BMG
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldy tampak kompak manortor pada Acara Pembukaan Pesta Rondang Bittang ke-34 Tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Kamis (19/09/2024).

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Simalungun, M Fikri F Damanik melaporkan bahwa, pelaksanaan PRB ini di bagi dalam tiga bahagian kegiatan. Pertama, prosesi adat atau ritual khusus yaitu mamuhun, ziarah ke makam raja marpitu, dan maranggir sebagai awal pembukaan pesta Rondang Bittang.

Kedua, perlombaan untuk memajukan kebudayaan. Ada 21 perlombaan yang mencakup seni adat istiadat dan olahraga tradisional. Ketiga, penutupan yang akan diadakan pada Sabtu 21 September 2024.

Diusulkan Masuk Dalam Kharisma Event Nusantara

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadis Budparekraf Prov Sumut, Dr Zumry Sulthony Sinaga dalam sambutannya berharap agar PRB Kabupaten Simalungun dapat terus menjadi ajang tahunan dan semakin berkembang baik dari segi kualitas penyelenggaraan maupun partisipasi masyarakat.

“Semoga acara ini tidak hanya menjadi acara sesaat tetapi juga dapat memberikan inspirasi dan semangat kepada generasi muda untuk mencintai dan melestarikan budaya kita,”ujarnya.

Zumry mengatakan, dengan sebesar ini kegiatan PRB Simalungun sudah menjadi catatan pihaknya untuk mengusulkan ke Kementerian Pariwisata agar Pesta Rondang Bittang ini masuk dalam kharisma event Nusantara dan masuk dalam kalender event Nusantara sehingga bisa masuk dalam event internasional.

Untuk diharapkan kepada Pemkab Simalungun agar tetap konsisten melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Amatan media, pembukaan PRB Kabupaten Simalungun ke-34 Tahun 2024 juga diawali dengan defile kontingen peserta PRB dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

Defile kontingen ini dipimpin langsung oleh camat bersama Forkopimca masing-masing kecamatan dengan membawa siluah (oleh-oleh) dari hasil bumi dan produk UMKM masing-masing kecamatan.

Iring-iringan defile kontingen kecamatan ini saat memasuki lokasi acara di sambut oleh Bupati Simalungun bersama Wakil Bupati dan Forkopimda dan undangan lainnya.

Di kesempatan itu, juga ditampilkan atraksi pencak silat Simalungun yang dibawakan oleh putra putri Simalungun dari Sanggar Dihar Simalungun yang dipimpin oleh Rio Koncuan Sinaga.

Suasana Acara Pembukaan Pesta Rondang Bittang ke-34 Tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Kamis (19/09/2024).

BacaMasa Jabatan 383 Pangulu Nagori di Simalungun Resmi Diperpanjang jadi 8 Tahun

BacaPertandingan Tinju PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut di Siantar Sukses

Dalam event PRB ini juga diadakan stand pameran yang diisi oleh perangkat daerah dilingkungan Pemkab Simalungun dan produk UMKM.

Tampak juga hadir antara lain, Anggota DPRD, ketua PPSB Jan Togu Damanik, Hasusuran Raja Marpitu, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ormas dan ribuan masyarakat Kabupaten Simalungun.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: