Jeruk Simalungun di Saribu Jandi, Penghasilan Hampir Rp2 Triliun per Tahun

Share this:
BMG
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi panen jeruk di Nagori Saribujandi, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Rabu (27/4/2022).

2.400 Ton Sekali Panen

Albert Sinaga, Ketua Panitia Panen Jeruk mengungkapkan, pengiriman jeruk ke Pulau Jawa sudah 8 kali dilakukan. Dan, pengiriman jeruk Simalungun ke Pasar Induk Keramat Jati, sejak dari awal launching sampai hari ini, sudah mencapai 50 ton.

“Ada sekitar 3.000 hektare lahan jeruk di Nagori Saribu Jandi, yang menghasilkan sekitar 2.400 ton dalam sekali panen, dan pendapatan diperkirakan triliunan rupiah,” kata Albert Sinaga.

Dijelaskan, panen jeruk yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun merupakan tindak lanjut branding jeruk Simalungun. Ini juga merupakan kegiatan Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rakyat Sejahtera.

Melalui branding Jeruk Simalungun, Albert Sinaga berharap dapat menjadi ikon ekonomi pertanian Kabupaten Simalungun pada tingkat nasional. Adapun visi Jeruk Simalungun, dengan kemasan Jeruk Simalungun, dapat merajai jeruk nasional, baik kwantitas maupun kualitas.

“Ini dapat terwujud melalui ‘Marharoan Bolon‘ masyarakat petani jeruk, pengusaha, dan pemerintah daerah. Tanpa kolaborasi dan kerja sama yang baik, dengan mengesampingkan perbedaan yang tidak membangun, maka mustahil hal itu akan terwujud,” kata Albert Sinaga.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang, Anggota DPRD Simalungun Jarusdin Sinaga, Sekda Simalungun Erson Sinaga, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Debora DPI Hutasoit, para pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Simalungun.

BacaHarga Pupuk Melonjak Tinggi, Mangapul Purba Minta Pemerintah Segera Turun Tangan

BacaDuka Pengrajin Keranjang Bambu Desa Ndokum Siroga di Balik Erupsi Sinabung

Kemudian, Camat Pamatang Silimahuta Robensius Sembiring, Camat Silimakuta Rosendi Sinaga, Camat Purba Bangun Siregar, Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Danramil 12/Saribudolok Kapten Inf B Panjaitan, Kepala Bank Sumut Thomas Tarigan dan Pangulu Saribu Jandi serta Bahabinkamtibmas J Sipayung.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: