Benteng Siantar

Empat Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia ke Depan, Apa Saja?

Walikota Siantar Susanti Dewayani saat meninjau stand bazar UMKM dalam Acara Opening Ceremony Festival SISI BATAS LABUHAN (FSBL) Tahun 2023, di Lapangan Tenis Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik, Sabtu (02/09/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi ini. Di wilayah SISI BATAS LABUHAN, ada 34.914 UMKM, dan mampu menyerap sebanyak 67,91 persen dari jumlah tenaga kerja se-SISI BATAS LABUHAN.

Kapasitas ekonomi UMKM, juga terus meningkat, terlihat dari sisi kredit, perkembangan kredit UMKM se-SISI BATAS LABUHAN meningkat 11,4 persen (yoy) dari Juli 2022 sebesar Rp16,05 triliun menjadi Rp17,89 triliun di Juli 2023.

Namun, terlepas dari segala potensi dan perkembangan yang ada, teridentifikasi empat masalah dan tantangan UMKM Indonesia ke depan.

Kepala KPw BI Pematang Siantar Muqorobin menyebutkan empat masalah dan tantangan UMKM Indonesia ke depan pertama, mempertahankan UMKM dalam ekosistem digital. Kedua, bagaimana dalam meningkatkan kapasitas, kualitas, dan produktivitas UMKM agar berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian dan perdagangan global.

Ketiga, adalah memperluas akses keuangan bagi UMKM saat ini. Diketahui hanya 25 persen UMKM Indonesia yang memiliki akses keuangan.

Dan, keempat lanjut Muqorobin, adalah kesadaran lingkungan dari ancaman global, di mana UMKM Indonesia perlu menerapkan proses ramah lingkungan dalam produktivitas mereka.

“Mengingat pentingnya peran UMKM dalam perekonomian, diperlukan sinergi antara BI dengan pemerintah, dinas, dan stakeholder lainnya untuk terus meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian,” sebut Muqorobin, dalam Acara Opening Ceremony Festival SISI BATAS LABUHAN (FSBL) Tahun 2023, bertempat di Lapangan Tenis Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik, Sabtu (02/09/2023) pagi.

Wisuda WUBI batch-3 bertempat di di Lapangan Tenis Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik, Sabtu (02/09/2023).

BI Pematang Siantar sendiri memiliki sekitar 82 UMKM binaan dan mitra yang didampingi perkembangannya. BI Pematang Siantar memiliki berbagai macam program untuk mengembangkan UMKM di SISI BATAS LABUHAN, di antaranya program Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) yang tahun ini sudah diselenggarkan untuk ketiga kalinya.

“Pada acara ini juga kita selenggarakan wisuda WUBI batch-3, yang kita harapkan agar dapat menjadi UMKM-UMKM handal di bidang masing-masing,” sebutnya.

BacaIndonesia Menabung dan Aksi Nyata Menanam 1 Siswa 1 Pohon Buah di Siantar

BacaDari 700 Penerima BLT DBH-CHT di Siantar, 1 Orang Meninggal Dunia, Bantuan Rp1,2 Juta Terpaksa..

BI menyelenggarakan Festival SISI BATAS LABUHAN pada tahun 2023, sebagai event bagi UMKM SISI BATAS LABUHAN untuk dapat mempromosikan produk mereka kepada masyarakat luas.

Thema Festival SISI BATAS LABUHAN tahun ini, yaitu kuliner. Alasannya, berdasarkan sektor industri, 34,3 persen UMKM di Sumatera Utara ini merupakan sektor industri makanan.

Halaman Selanjutnya >>>

Kenakan Pakaian Berbahan Tenunan Ulos

Kenakan Pakaian Berbahan Tenunan Ulos

Walikota Siantar Susanti Dewayani mengenalkan dan memamerkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat menghadiri Opening Ceremony Festival SISI BATAS LABUHAN (FSBL) Tahun 2023, Sabtu. Saat itu, Susanti mengenakan pakaian berbahan tenunan ulos berwarna merah.

“Yang saya kenakan saat ini hasil dari UMKM Kota Pematang Siantar, wujud kearifan lokal. Tidak bisa diragukan lagi kualitasnya dan keindahannya. Bangga dengan buatan Indonesia,” kata Susanti, dalam sambutannya di acara dengan thema Mendorong UMKM untuk Indonesia Maju itu.

Dia memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada KPw BI Pematang Siantar, yang telah menginisiasi sekaligus melaksanakan kegiatan FSBL Tahun 2023.

Susanti yakin, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan keberpihakan KPw BI Pematang Siantar untuk ikut membantu dalam upaya mendukung pengembangan UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar.

Kehadiran BI, lanjut Susanti, bukan sekadar lembaga pengatur mata uang dan stabilitas ekonomi. Namun juga berperan memberikan edukasi dan informasi ke masyarakat mengenai peran penting mereka dalam meningkatkan perekonomian nasional, khususnya di SISI BATAS LABUHAN, yakni Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan.

Lebih lanjut Susanti menyampaikan, UMKM memiliki peran sangat penting dalam perekonomian. Mereka adalah tulang punggung perekonomian lokal, sumber lapangan pekerjaan, serta wahana kreativitas dan inovasi.

Terutama, saat pandemi 2020-2022, pelaku UMKM ikut terdampak. Namun, mereka tahan banting dan mampu bertahan.

“Terima kasih untuk pelaku UMKM,” ucap Susanti, yang disambut tepuk tangan hadirin dan undangan.

Walikota Siantar Susanti Dewayani mengenalkan produk UMKM saat menghadiri Opening Ceremony Festival SISI BATAS LABUHAN (FSBL) Tahun 2023, Sabtu (2/9/2023).

Susanti mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar memberikan dukungan sebesar-besarnya kepada para pelaku UMKM agar terus tumbuh dan berkembang.

“Bazar ini menjadi ajang untuk memamerkan produk-produk berkualitas yang dihasilkan dengan penuh dedikasi dan keahlian. Bukan hanya kuantitas, tapi kualitas agar layak jual dan berpotensi dipromosikan,” tukas Susanti.

Susanti juga berharap Festival SISI BATAS LABUHAN bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran, kolaborasi, dan inovasi, sehingga dapat memperkuat sektor UMKM, meningkatkan pemahaman tentang peran BI, serta menjalin kerja sama yang kuat antar lembaga dan komunitas.

Selain itu, sambung Susanti, kolaborasi antar lembaga di wilayah KPw BI Pematang Siantar sangatlah penting.

“Dengan saling bersinergi, kita dapat memberikan pelatihan, bimbingan, serta dukungan finansial yang dibutuhkan agar UMKM dapat bertumbuh lebih besar dan lebih kuat,” tukasnya.

Susanti menambahkan, demi mencapai visi misi terwujudnya Kota Pematang Siantar yang sehat, sejahtera, dan berkualitas, Pemko Pematang Siantar tetap memrioritaskan kegiatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM, melalui misi pengelolaan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM) yang efektif dalam memajukan perekonomian.

“Melalui perangkat daerah, kami terus melakukan berbagai macam upaya, untuk meningkatkan SDM dan produk UMKM yang semuanya dimaksudkan agar UMKM kita tumbuh dan berkembang secara sehat, serta dapat berkontribusi secara langsung dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Pematang Siantar yang sama-sama kita cintai ini,” kata Susanti.

Pada kesempatan itu, Susanti mengharapkan BI Pematang Siantar untuk semakin meningkatkan kerja sama, kolaborasi, dan sinergi dengan Pemko Pematang Siantar dalam menjalankan program kerja untuk mewujudkan strategi nasional secara optimal, dalam mengawal proses pemulihan ekonomi daerah dan nasional.

“Terima kasih Bank Indonesia yang telah mendukung penuh ekonomi masyarakat, dengan memberikan pelatihan dan pendidikan kepada UMKM termasuk dukungan finansial,” pungkas Susanti.

Pada Festival tahun ini yang berlangsung selama dua hari, Sabtu sampai Minggu (2-3/09/2023), selain pameran UMKM, terdapat beberapa kegiatan lain seperti pasar murah, kas keliling, sosialiasi QRIS, talkshow Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, dan kuliner, berbagai macam lomba, serta hiburan bagi masyarakat seperti penampilan band/musisi lokal dan juga senam pagi bersama.

Acara dilanjutkan dengan wisuda pelaku UMKM binaan BI, dan peninjauan stand-stand bazar UMKM.

BacaPengukuhan Pucuk Pimpinan Bank Indonesia Siantar, Munandar ke Pusat, Penggantinya Muqorobin

BacaBPS: Siantar Alami Deflasi 0,11 Persen di Agustus 2023

Turut hadir, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar Kusma Erizal Ginting, Ketua DPRD Siantar Timbul Marganda Lingga, Kapolres Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, Kajari Siantar Jurist Precisely Sitepu, perwakilan Danrem 022/Pantai Timur, Dandim 0307/Simalungun Letkol Hadrianus Yossy SB SIPem MHan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, serta perwakilan kepala daerah dari wilayah SISI BATAS LABUHAN.

Halaman Sebelumnya <<<