Harus Siap jadi Tujuan Wisata, Ketahuilah… Ini Keunggulan Siantar

Share this:
BMG
Walikota Susanti Dewayani membuka Pelatihan Marketing Online dan Pembangunan UMKM Digital, bertempat di Marihat Room Hotel Sapadia, Jalan Diponegoro Pematang Siantar, Kamis (02/10/2023) pagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Muqorrobin dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan tersebut.

UMKM, kata Muqorrobin, menjadi tulang punggung ekonomi, termasuk di Kota Pematang Siantar dan kabupaten/kota lainnya di wilayah kerja KPw BI Pematang Siantar.

Sejauh ini, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi Kota Pematang Siantar terjaga, yang didukung sektor perdagangan, jasa, dan pertanian.

Inflasi, katanya lagi, juga senantiasa terkendali.

Periode Oktober 2023, Kota Pematang Siantar mengalami deflasi -0,15 persen (mtm). Realisasi tersebut lebih rendah dibandingkan realisasi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang mengalami deflasi -0,07 persen (mtm) dan nasional yang mengalami inflasi 0,17 persen (mtm).

Secara tahunan, Kota Pematang Siantar mengalami inflasi 2,90 persen (yoy). Sementara, secara tahun kalender (ytd) Pematang Siantar mengalami inflasi sebesar 1,35 persen (ytd).

Pelaku UMKM, lanjutnya, harus bisa memanfaatkan platform e-commerce. Seperti Tokopedia yang pemiliknya William Tanuwijaya, asal Kota Pematang Siantar atau Bukalapak yang pemiliknya Achmad Zaky, asal Sragen, Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan kampung halaman Muqorrobin.

Karena digital marketing pangsa pasarnya dunia, Muqorrobin mengimbau agar pelaku UMKM juga menguasai bahasa Inggris.

“Pelaku UMKM harus siap dengan digital marketing,” tukasnya.

BacaBerpakaian Adat Simalungun Lengkap, Susanti Jamu para Walikota dari Subulussalam Hingga Solok

BacaIndonesia Menabung dan Aksi Nyata Menanam 1 Siswa 1 Pohon Buah di Siantar

BI sendiri, selama ini sudah memiliki program pembayaran digital/online. Untuk UMKM, sambungnya, sudah ada program Wira Usaha Bank Indonesia (WUBI) dan UMKM Talks.

“Pematang Siantar itu aman, nyaman, dan menyenangkan. Maka UMKM-nya harus maju,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: