Perkenalkan Ulos Kepada Anak-Anak Lewat Pameran dan Fashion Show

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Walikota Siantar Hefriansyah Noor menyapa anak-anak yang mengikuti fashion show dengan pakaian Ulos di Hotel Sapadia, Selasa (27/11/2018).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pemerintah Kota (Pemko) Siantar menggelar fashion show dan pameran ulos tingkat anak-anak dan remaja. Hal itu tidak lain untuk memperkenalkan ulos kepada generasi muda sejak dini.

Perlombaan itu diikuti 94 orang dan terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori anak-anak setingkat TK sebanyak 34 orang, kategori anak-anak setingkat SD sebanyak 38 orang, dan kategori remaja sebanyak 22 orang.

“Dengan digelarnya fashion show ini, mudah-mudahan masyarakat dapat melestarikan ulos, khususnya anak-anak sebagai generasi penerus,” kata Walikota Siantar Hefriansyah Noor, saat membuka perlombaan fashion show dan pameran, Selasa (27/11/2018), di Hotel Sapadia.

Hefriansyah menyampaikan, ulos adalah kain tenun yang diwariskan leluhur. Ulos selalu setia mengiringi perjalanan kultural Batak, baik pada upacara pernikahan, kelahiran, suka, maupun duka.

(Baca: Dibalut Kreasi Ulos Warga Binaan, Lapas Siantar Turut Catatkan Tarian Poco-poco di Rekor Dunia)

(Baca: Wakili Siantar, Kyan Ulos Raih Penghargaan Tingkat Provinsi Sumatera Utara)

Selain dalam upaya menjaga dan melestarikan, sambung Hefriansyah, peringatan Hari Ulos juga akan dimaknai dengan memberdayakan para pengrajin ulos yang ada di Siantar.

(Baca: Ibu Negara Terkagum-kagum saat Berkunjung ke Desa Tenun Ulos di Samosir)

(Baca: Begini Kekaguman Juri Philipina kepada Inggou Victory)

Kepada para pengrajin ulos yang mengikuti pameran, Hefriansyah berharap agar tetap berkarya dan memroduksi ulos yang lebih berkualitas, sehingga Siantar mempunyai produk unggulan yang lebih baik lagi.

Share this: