Di Era Radiapoh, Parapat Bukan Hanya Pantai, Ada Harangan Girsang Paradise

Share this:
BMG
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, didampingi Sekda Esron Sinaga, Kadis PUTR, Hotbinson Damanik dan rombongan berdiri di pematang sawah di sela-sela meninjau proyek peningkatan jalan hotmix menuju puncak  Harangan Girsang Paradise, objek wisata baru Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Rabu (24/04/2024).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Selama ini, kota turis Parapat, Kabupaten Simalungun, seringkali diidentikkan dengan objek wisata pantai di tepian Danau Toba. Tapi dalam waktu dekat ini, di tangan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, kota Parapat bakal memiliki destinasi wisata baru.

Namanya, Ekowisata Harangan Girsang Paradise, sebuah objek wisata berbasis alam dan budaya.

Lokasinya di Girsang 1 Huta Papande, Kelurahan Girsang, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, tidak jauh dari kota Parapat.

Akses menuju lokasi dapat dilalui dari Simpang Girsang 1, belok ke kiri sebelum Jembatan Sisera-sera, jembatan terakhir sebelum memasuki wilayah Kabupaten Toba.

Ekowisata Harangan Girsang Paradise menawarkan beragam spot wisata menakjubkan yang wajib untuk dikunjungi. Di antaranya pesona keindahan pemandangan Danau Toba dari atas bukit Dolok Sirikki, Air Terjun Halimbingan, hamparan sawah, hutan pinus, dan lain sebagainya.

Namun, lokasi itu selama ini minim sarana infrastruktur. Perhatian pemerintah dinilai kurang. Baru ada perhatian di era pemerintahan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga pada Tahun 2022.

Radiapoh yang melihat potensi Harangan Girsang Paradise langsung bergerak cepat. Dengan konsep Marharoan Bolon (gotong royong, red), bupati yang akrap disapa RHS ini mengerahkan seluruh stakeholder, termasuk membuat masterplan dan merangkul masyarakat. Kemudian, membangun komunikasi intens ke pemerintah pusat, seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian PU.

Hamparan sawah di kaki perbukitan Sirikki tampak indah memesona. Foto diabadikan belum lama ini.

BacaMegahnya Kantor Camat Bandar di Era Radiapoh, Nggak Nyangka Dulunya Begini

BacaInsting Hebat, RHS Melejit Saat Pertumbuhan Industri Properti Melambat

Alhasil, kebersamaan yang dibangun Radiapoh itu pun membuahkan hasil. Pemerintah pusat merespon dan sepakat dengan ide menjadikan bukit Sirikki menjadi ekowisata, objek wisata baru di kota Parapat sebagaimana disampaikan Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Halaman Selanjutnya >>>

Total Rp14,3 Miliar untuk Kota Turis Parapat

Share this: