Tahukah Anda Siapa Letda Sujono? Forkopimda Sumut Upacara di Tugunya Setiap Tahun

Share this:
BMG
Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni foto bersama dengan Forkopimda Provinsi Sumut, Kabupaten Simalungun, dan Kota Pematangsiantar, seusai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Tugu Letda Sujono, Nagori Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Selasa (01/10/2024).

Peristiwa Bandar Betsy merupakan konflik agraria antara rakyat yang tergabung dalam Barisan Tani Indonesia (BTI) yang berafliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI), dengan pengelola perkebunan.

Puncak konflik tersebut adalah tewasnya prajurit TNI Peltu Sujono akibat aksi kekerasan massa pada 14 Mei 1965, saat dia bertugas sebagai pengamanan perkebunan.

Lalu, untuk mengenang jasa Peltu Sujono yang gugur mempertahankan perkebunan negara dari aksi anarkis massa BTI, di tahun 1970-an dibuat tugu dengan nama Tugu Letda Sujono (pangkatnya dinaikkan), di Perkebunan Bandar Betsy Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun.

Kemudian tahun 1997 dibuat tambahan 7 patung Pahlawan Revolusi di belakangnya dengan latar ornamen Garuda Pancasila. Di tempat inilah setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi Sumut.

Nah, pada Selasa (01/10/2024), upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kembali digelar di Lapangan Tugu Letda Sujono, Nagori Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun.

Bertindak sebagai inspektur upacara Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, komandan upacara Dandim 0207/Simalungun, Letkol Slamet Faojan MHan, dan perwira upacara, Letkol Caj Dina Aswita.

Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dengan tema: ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’ tersebut, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun, Rehan Mawardi Putra, dan doa dipimpin oleh Zulkifli Sitorus dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Simalungun. Sedangkan, Ikrar dibacakan Anggota DPRD Sumut, H Yahdi Khoir Harahap.

Pjs Walikota Pematangsiantar, Matheos Tan foto bersama Kapolres Siantar, dan pejabat eselon II di Lapangan Tugu Letda Sujono, Nagori Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Selasa (01/10/2024).

BacaSukarno Ali Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Siantar

BacaImbauan Bawaslu Diabaikan, APK Paslon Anton-Benny ‘Berserak’ di Kantor Bupati Simalungun

Upacara ditandai peletakan karangan bunga di Tugu Letda Sujono oleh Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni bersama Forkopimda Provinsi Sumut, Kabupaten Simalungun, dan Kota Pematangsiantar, termasuk Pjs Walikota Pematangsiantar, Matheos Tan.

Acara dirangkai dengan penyerahan tali asih dari PTPN IV Regional II kepada keluarga almarhum Letda Sujono sebesar Rp10 juta.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: