Sejumlah Lokasi Rawan Penyebaran Corona di Siantar Disemprot Disinfektan

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Pegawai Pemko Siantar saat melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Walikota Siantar, Sabtu (21/3/2020).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Untuk mengantipasi penyebaran Virus Corona, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat rawan Covid-19, Sabtu (21/3/2020). Upaya lain dengan melakukan penyebaran brosur imbauan.

Penyemprotan dilakukan di sejumlah tempat, yakni di Lapangan Merdeka atau Taman Bunga, kantor-kantor, Rumah Dinas Walikota, Gedung DPRD dan Mapolres Siantar.

Sementara, brosur yang dibagikan berisi imbauan social distancing, yakni mengajak masyarakat sebisa mungkin berdiam di rumah, menghindari tempat tertutup, dan lembab seperti gedung ber-AC, menghindari tempat umum seperti mall dan bioskop. Kemudian, menghindari menghadiri kegiatan massal dan hindari berjabat tangan.

Brosur juga berisi ajakan kepada masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 dengan rajin berolahraga, makan dengan gizi yang seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, perbanyak cuci tangan dengan sabun, minum air putih delapan gelas per hari, menggunakan masker apabila keluar rumah, dan bila demam serta sesak nafas segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan.

BacaDeteksi Dini Corona, Alat Cek Suhu Tubuh Harus Ada di Seluruh Puskesmas

Walikota Siantar Hefriansyah menuturkan, Pemko Siantar harus bergerak cepat mengambil langkah-langkah antisipasi. Salah satunya melakukan penyemproton cairan disinfektan di titik-titik yang banyak dikunjungi masyarakat.

Hefriansyah melanjutkan, penyemprotan desinfektan, sosialisasi dan pembagian brosur akan terus dilakukan Pemko Pematangsiantar bersama Dinas Kesehatan untuk mencegah sedini mungkin penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar.

“Saya juga mengimbau para camat, lurah dan masyarakat untuk ikut bersama membersihkan lingkungan dan mengurangi kegiatan yang kurang penting di luar rumah,” ujarnya.

BacaPulang dari Mekah, Satu Warga Siantar Diduga Terjangkit Corona

Hefriansyah juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan dan atau memeriksakan diri ke petugas kesehatan yang ada di wilayah masing-masing, terutama jika baru pulang dari luar kota.

“Saya mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi Covid-19. Jika ada gejala mencurigakan, diminta segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat,” imbaunya.

GKPS Bane Disemprot Desinfektan

Jemaat GKPS Bane melakukan penyemprotan desinfektan, Sabtu (21/3/2020).

Pencegahan penyebaran virus corona juga dilakukan di GKPS Bane. Jemaat GKPS Bane bekerja sama dengan dr Abadi Sinaga dari PMI Kota Pematangsiantar melakukan penyemprotan di GKPS Bane. Seluruh ruangan berikut dengan bangku jemaat disemprot desinfektan, Sabtu (21/3/2020).

Share this: