Ketahui Beda Makna Istilah OTG, ODP dan PDP pada Kasus Covid-19

Share this:
BMG
Daniel Siregar, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematang Siantar.

Kemudian OTG, lanjut Daniel, adalah seseorang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari orang konfirmasi covid-19. OTG merupakan kontak erat dengan kasus covid-19.

“Sedangkan yang dimaksud kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung (dalam radius 1 meter dengan PDP atau terkonfirmasi covid-19) dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala,” terang Daniel.

Siantar Hari Ini, PDP 3 Orang, OTG 8 Orang

Ia mengambil contoh data pasien covid-19 Kota Pematang Siantar yang mereka sajikan tertanggal 15 April 2020, tertera PDP berjumlah 9 orang. Namun per 17 April 2020, PDP tersisa 2 orang.

“Hal itu terjadi karena 7 PDP pada data 15 April sudah masuk kategori OTG pada data 17 April,” terangnya.

Daniel membeberkan, ketujuh OTG tersebut sudah diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar. Sementara itu, untuk dua orang PDP per tanggal 17 April, satu dirawat di Rumah Sakit Elisabeth, satu orang lainnya di RS Bunda Thamrin, Medan.

BacaKabar Baik, Satu PDP di Siantar dan Tiga Orang Simalungun Negatif Corona

Kemudian, satu orang PDP lagi dirawat di RSUD dr Djasamen Saragih. Dia mengatakan, penambahan PDP ini merupakan kasus baru dari Kecamatan Siantar Selatan.

“Jadi, jumlah PDP di Siantar saat ini sebanyak tiga orang. Sedangkan, OTG menjadi 8 orang,” sebut Daniel mengakhiri.

Share this: