Selamat Jalan Eliakim Simanjuntak..

Share this:
BMG
Eliakim Simanjuntak semasa hidup. Politisi Demokrat yang pernah menjabat Ketua DPRD Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Eks Ketua DPRD Siantar Eliakim Simanjutak telah berpulang. Dia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih, Rabu (9/9/2020) dini hari.

Di dunia politik, nama Eliakim tentu tak asing lagi. Eliakim pernah dua periode duduk di kursi DPRD Siantar. Saat menjadi legislatif, Demokrat menjadi partai tempatnya bernaung.

Di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, Eliakim melenggang menjadi Anggota DPRD periode 2014-2019. Saat itu, Demokrat keluar sebagai partai pemenang dan Eliakim Simanjuntak dihunjuk sebagai Ketua DPRD Siantar.

Namun tiga tahun menjabat, terjadi gejolak politik. Sebanyak 19 Anggota DPRD Siantar menandatangani mosi tak percaya terhadap Eliakim. Hingga akhirnya, pada 6 Oktober 2017, Eliakim turun tahta.

Posisi politisi berkepala plontos itu digantikan Marulitua Hutapea, koleganya di Demokrat. Eliakim menghabiskan sisa jabatannya di DPRD sebagai anggota biasa.

BacaBerita Terbaru! Mantan Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak Tutup Usia

Eliakim Simanjuntak semasa hidup.

Selanjutnya, di Pemilu 2019, Eliakim kembali mencoba peruntungannya. Namun sayang, Eliakim tak terpilih lagi. Dia kalah dari calon legislatif lainnya dari Demokrat.

Sejak itu tak hanya karir politiknya yang kandas, Eliakim juga terjerat kasus hukum. Dia tertangkap tangan bersama mantan Anggota DPRD Siantar lainnya Rudolf Hutabarat, pada 7 Mei 2020. Keduanya terseret kasus perjudian jenis toto gelap (togel).

BacaSah! Demokrat Tersingkir dari Pimpinan DPRD Siantar, Kader PDIP Jadi Ketua

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Eliakim kemudian ditahan di rumah tahanan polisi (RTP) Mapolsek Siantar Timur. Dia dititipkan di sana karena Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematang Siantar tidak menambah tahanan di masa pandemi Covid-19.

Sebelum akhir hayatnya, Eliakim masih sempat menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar. Hingga akhirnya, penyakitnya yang sudah komplikasi kambuh hingga akhirnya meninggal dunia. Selamat jalan, Eliakim Simanjuntak.

Share this: