Jadi Calon Tunggal di Pilkada Siantar, Bukti Asner-Susanti Petarung

Share this:
BMG
Robert Pardede.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Pematang Siantar tahun 2020 mendapat perhatian khusus. Sebab, di masa ini, hanya ada satu Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota.

Menurut Robert Pardede, posisi Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai pasangan tunggal merupakan suatu rezeki. Itu karena catur politik dari para bakal calon diduga tidak memiliki niat kuat untuk benar-benar menjadi calon.

Kali ini, pilkada sangat berbeda sekali dengan tahun 2015-2020. Saat itu, ada 4 sosok yang mencoba dari jalur perseorangan. Sedangkan yang resmi menjadi calon ada 4 pasangan, terdiri dari 1 pasangan perseorangan dan 3 dari partai politik.

“Wajar bila banyak bertanya-tanya kenapa hanya satu pasangan calon. Saya melihat ada banyak faktor. Bisa saja karena situasi covid-19 dan juga isu masa jabatan yang hanya 3,5 tahun. Saya yakin banyak orang yang layak jadi calon. Tapi mungkin, belum berpikir maju secara totalitas,” kata Robert, mantan pejabat Pemkab Simalungun dan Pemkab Tobasa yang tinggal di Siantar ini, Senin (23/11/2020).

Saat proses pasangan Asner-Susanti menjadi bakal calon hingga calon, masih banyak orang mencoba bertarung, termasuk dari independen. Namun, tidak memenuhi syarat.

BacaUntung Rugi Calon Tunggal Melawan Kolom Kosong di Pilkada

Bahkan, setelah Asner-Susanti didaftarkan partai ke KPU, masih ada waktu tiga hari untuk pasangan lain mendapat peluang jadi calon dengan mencari gerbong politik dari partai. Namun sayang, tidak ada yang mendapatkannya.

“Itu berarti belum rezeki atau memang bukan petarung. Jadi, Asner itu bukan berarti sosok yang arogan karena mendapat kepercayaan dari semua partai. Tapi memang karena tidak ada petarung yang lain. Kita dengar, umumnya bakal calon yang sebelumnya telah mendaftar diri ke partai politik dan mensosialikan diri akan bertarung, malah mundur di menit terakhir masa pengumuman nama calon dari partai politik,” papar Robert.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: