Indeks Kota Siantar 2,35, di Atas Rata-rata Indeks SPBE Nasional

Share this:
BMG
Plt Kadis Kominfo Siantar, Johannes Sihombing SSTP MSi melaporkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, pada kegiatan Rapat Strategi Pemenuhan Target Indeks SPBE Kota Pematang Siantar, di Ruang Serbaguna, Jumat (09/06/2023) pagi.

Sementara itu, Walikota Siantar Susanti Dewayani dalam sambutannya, menyampaikan Kota Pematang Siantar berkualitas harus diwujudkan melalui berbagai strategi.

Salah satu yang menjadi prioritas yakni transisi menuju penerapan teknologi informasi dan komunikasi, dalam proses pengelolaan dan penyampaian layanan publik.

“Efisiensi birokrasi, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik merupakan prioritas yang harus terus ditingkatkan agar Pemko Pematang Siantar dapat memeroleh perspektif yang komprehensif dalam membangun setiap kebijakan yang lebih berpihak pada kepentingan masyarakat Kota Pematang Siantar yang kita cintai,” sebut Susanti.

Dijelaskan, pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE menekankan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi agar dapat diimplementasikan dalam setiap aspek layanan publik dan pemerintahan dari tingkat pusat sampai ke daerah.

“Untuk menjamin terlaksananya implementasi tersebut, diterbitkanlah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE pada Seluruh Instansi pemerintahan yang Direpresentasikan melalui Indeks SPBE Instansi Pemerintah Setiap Tahunnya,” terang Susanti.

Masih kata Susanti, sesuai laporan Plt Kadis Kominfo, dapat disimpulkan Indeks SPBE Kota Pematang Siantar memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun belum memenuhi target yang telah dituangkan dalam RPJMD Kota Pematang Siantar.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah untuk dapat bersama-sama membangun komitmen dalam pemenuhan target Indeks SPBE Kota Pematang Siantar di tahun 2023 ini,” tegas Susanti.

Ditambahkan, koordinasi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder sangat dibutuhkan dalam pemenuhan data dan dokumen bukti dukung penilaian Indeks SPBE. Karena Indeks SPBE ini juga merupakan salah satu citra perwujudan kinerja Pemko Pematang Siantar.

Sosialisasi itu juga nantinya akan membahas tentang pengelolaan website OPD yang telah dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Saya mengajak seluruh OPD untuk dapat mencantumkan seluruh kegiatan, proses bisnis, standar operasional prosedur, dan dokumen layak publikasi lainnya pada website OPD masing-masing sebagai langkah peningkatan persepsi positif masyarakat atas kinerja Pemko dalam upaya mewujudkan Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” pungkasnya.

Baca‘Ada Campur Tangan’ BKN di Balik Pelantikan Tiga Pejabat Eselon III Pemko Siantar, Penjelasannya di Sini

BacaMasa Kepemimpinan Susanti, Pemko Siantar Raih Opini WTP dari BPK RI Dua Kali Berturut-turut

Kegiatan diisi dengan penandatanganan Dokumen Pernyataan Komitmen oleh pimpinan OPD sekaligus Dukungan Aksi Perubahan Peningkatan Kualitas Layanan Publik dan Pemerintahan melalui Implementasi SPBE Kota Pematang Siantar, disaksikan dr Susanti. Serta serah terima website OPD Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan oleh dr Susanti kepada Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Hadir pada kegiatan ini, para Asisten, Staf Ahli, sejumlah pimpinan OPD, Camat, dan Admin Website OPD di Kota Pematang Siantar.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: