Wapres Ma’ruf Amin Menyoroti  Tingginya Angka Pernikahan Dini di Indonesia

Share this:
BMG
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin menyampaikan kata sambutan pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (06/07/2023).

PALEMBANG, BENTENGSIANTAR.com– Walikota Siantar Susanti Dewayani menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (06/07/2023).

Peringatan Harganas ke-30 dengan tema ‘Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju’ tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin bersama para menteri, jajaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta bupati/wali kota lainnya se-Indonesia.

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya, menyoroti masih tingginya angka pernikahan dini di Indonesia. Dia pun mengingatkan pernikahan dini banyak mudharat-nya (bahaya) karena berisiko menghasilkan generasi stunting.

“Patut menjadi keprihatinan kita bersama masih relatif tingginya angka pernikahan anak. Pernikahan anak ini mesti kita hindari karena lebih banyak mudharat-nya, bahayanya, daripada manfaatnya, termasuk berisiko lebih tinggi menghasilkan anak stunting,” kata Ma’ruf Amin.

BacaJokowi Ajak Bupati Walikota Menanam: Ciptakan Kemandirian Pangan, Penuhi Asupan Gizi!

Baca1.068 Murid PAUD SAB Dilepas Serentak, Susanti Nilai Perkembangan PAUD di Siantar Terus Meningkat

Ma’ruf Amin juga menuturkan, keluarga merupakan miniatur dari masyarakat. Sehingga kalau keluarga baik, masyarakat baik dan akan menjadi masyarakat yang hebat dan tangguh serta maju. Selain itu, pemerintah terus melakukan upaya dalam mengurangi permasalahan terhadap stunting atau tumbuh kembang anak di Indonesia.

“Stunting di Indonesia tahun 2022 sebesar 21,6 persen dan target 14 persen. Tapi, kita bisa menurunkan 2,8 persen. Sedangkan pada tahun 2023 ini, kita harus bisa turunkan 3,8 persen untuk capaian 14 persen,” terangnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: