Siaga Gangguan Kamtib, Lapas Siantar Pastikan Setiap Senjata dalam Kondisi Baik

Share this:
BMG
Kalapas Pematangsiantar, M Pithra Jaya Saragih, saat memimpin kegiatan perawatan dan pemeliharaan terhadap senjata yang dimiliki Lapas Pematangsiantar, Kamis (14/12/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kondisi aman dan tertib di Lapas dan Rutan merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang keberhasilan program pembinaan. Dalam mewujudkan kondisi aman dan tertib diperlukan sistem keamanan yang baik dengan menekankan terhadap sarana dan prasarana keamanan diantaranya adalah senjata api.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 48 dijelaskan: ‘pada saat menjalankan tugasnya, petugas Lapas diperlengkapi dengan senjata api dan sarana keamanan lainnya. Senjata api di Lapas dan Rutan terdiri atas senjata api genggam jenis pistol P-3A dan senjata api bahu jenis Shotgun 12 Gauge’.

BacaPO Paradep Trans Bikin Pool Bus di Komplek SBC Siantar, Warga Protes: Ini Hunian, Bukan Terminal

BacaPenyelundupan Ganja Digagalkan, Maralasan Dapat Award dari Kalapas Siantar

Senjata api merupakan salah satu alat pendukung pelaksanaan tugas pengamanan di Lapas dan Rutan yang sifat dan perlakuannya sangat khusus, sehingga perlu adanya perawatan dan pemeliharaan secara teratur.

“Atas dasar itu, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar senantiasa melaksakan perawatan dan pemeliharaan senjata secara berkala untuk mengantisipasi kerusakan atau kegagalan fungsi apabila senjata tersebut hendak digunakan,” kata Kalapas Pematangsiantar, M Pithra Jaya Saragih, saat memimpin kegiatan perawatan dan pemeliharaan terhadap senjata yang dimiliki Lapas Pematangsiantar, Kamis (14/12/2023).

Suasana kegiatan perawatan dan pemeliharaan terhadap senjata yang dimiliki Lapas Pematangsiantar, Kamis (14/12/2023).

BacaLapas Siantar Adakan Program Tahfiz dan Tahsin Al quran untuk Warga Binaan

BacaRazia Rutin Lapas Siantar, Provokasi Oknum Jurnalis dan Munculnya Video Joget

Dijelaskan, selain untuk menjaga agar kondisi senjata tersebut tetap baik serta optimal, kegiatan itu tentu sangatlah bermanfaat bagi jajaran Lapas Pematangsiantar terkait ilmu terapan yang krusial, bukan hanya perawatan tapi juga penggunaan senjata api yang baik.

Amatan media, kegiatan perawatan dan pemeliharaan terhadap senjata diikuti oleh jajaran Kamtib serta personel Keamanan Lapas Pematangsiantar.

Share this: